10 Bahasa Pemrograman Teratas Versi IEEE Spectrum 2015

Yana Permana 22 Juli 2015

10 Bahasa Pemrograman Teratas Versi IEEE Spectrum 2015

Apa saja bahasa pemrograman teratas saat ini? Jawaban terbaiknya adalah tergantung kepada kita sendiri. Jika kita ingin mencoba mencari pekerjaan dengan skill pemrograman yang mumpuni untuk startup khusus aplikasi mobile, atau membuat proyek elektronik seperti IoT maka bahasa pemrograman menjadi suatu alat. Dan menjadi suatu hal yang harus kita punyai. Pada kali ini pemeringkatan bahasa pemrograman berdasarkan versi IEEE Spectrum akan diulas.

Sistem pemeringkatan IEEE Spectrum berdasar pada pembobotan dan kombinasi 12 metrik dari 10 sumber data. Sumber ini berasal dari library IEEE Xplore, Github dan CareerBuilder. Hal tersebut adalah pengukuran yang baik karena 48 bahasa pemrograman yang berbeda dimensi dibuat pemeringkatan. Sebenarnya pemeringkatan IEEE Spectrum juga dipilih berdasarkan pembobotan dari anggota IEEE sendiri sehingga ada tambahan suara untuk masing-masing bahasa pemrograman. Berikut 10 bahasa pemrograman teratas versi IEEE Spectrum 2015 dan perbandingannya dengan tahun 2014.

Lima besar masih dipegang oleh Java, C, C++, Python dan C# berturut-turut. Peringkat mereka sama sekali tak terganggu oleh pesaing lainnya. Perubahan yang menonjol adalah masuknya bahasa pemrograman R pada peringkat 6, ini menjadi tanda bahwa statistik menjadi pilihan utama untuk menganalisa dan memvisualisasi Big Data. Pada tahun kemarin bahasa pemrograman R hanya menempati peringkat 9. Peningkatan yang signifikan untuk bahasa pemrograman R yang menjadi tanda tren Big Data pada tahun ini. Bahasa-bahasa pemrograman lain seperti Go, Perl dan Assembly berada jauh pada pemeringkatan ini.

Sejumlah bahasa telah memasuki peringkat untuk pertama kalinya seperti Swift. Swift merupakan bahasa pemrograman baru Apple yang telah memperoleh daya tarik yang cukup untuk membuat penampilan yang kuat meskipun baru dirilis sekitar 13 bulan yang lalu.

Itulah 10 bahasa pemrograman teratas berdasarkan versi IEEE Spectrum 2015. Semoga bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan bahasa pemrograman yang cocok dengan industri kita.

(yp/ieee)