All About Elixir Bersama Bukalapak dan Lambda Jakarta

Hadyan Palupi 9 Mei 2016

All About Elixir Bersama Bukalapak dan Lambda Jakarta

Kamis (28/04) bertempat di kantor Bukalapak.com yang berada di daerah jakarta selatan, Komunitas Lambda Jakarta bekerjasama dengan Bukalapak.com mengadakan meetup yang membahas tentang bahasa pemogramman fungsional Elixir. Komunitas Lambda jakarta merupakan komunitas yang mengumpulkan orang-orang yang tertarik dengan bahasa pemogramman khususnya bahasa pemogramman funsional seperti Elixir, Erlang, Clojure, F#, Rust, Haskell, OCaml, Racket, Scheme, LISP, SML, Scala dan lain-lain. Bertujuan untuk membantu orang-orang yang ingin belajar dan memudahkan programmer untuk bisa mendapatkan teman belajar yang memiliki minat yang sama.

Acara tersebut dibagi dengan 2 sesi:

Sesi Pertama

20160428_192239

Sesi yang pertama diisi oleh Bukalapak terkait dengan Pengalaman-pengalaman yang dirasakan oleh Bukalapak saat menggunakan bahasa pemogramman Elixir yang disampaikan oleh Bpk Hadi Saloko. Dalam sesi ini beliau menjelaskan tentang berbagai macam cara untuk mendapatkan hasil yang sama namun dengan perintah yang berbeda lalu terakhir perintah-perintah tersebut akan dikomparasi mana kira-kira perintah yang lebih efektif dan efesien untuk digunakan.

Berikut replay sesi pertama :

https://www.youtube.com/watch?v=8nUIT1NRxDU

Baca juga: Belajar dari Tokopedia dalam Mempersiapkan dan Membangun Teknologinya

Sesi Kedua

20160428_205613

Sesi Kedua diisi oleh Bpk Riza Fahmi yang mengenalkan kepada para peserta mengenai Elixir Web Framework yaitu Framework Phoenix. Penjelasan mulai dari awal proses install sampai dengan mencoba beberapa fitur yang ada dalam framework Phoenix tersebut.

Berikut slide yang digunakan oleh Bpk Riza Fahmi :

Dan berikut replay sesi yang kedua :

https://www.youtube.com/watch?v=7j04qtSvhE4

Demikian kegiatan meetup Komunitas Lambda Jakarta yang berkerjasama dengan Bukalapak.com. jika berminat dengan salah satu bahasa pemogramman fungsional yang berada diatas coder bisa ikut join dengan komunitas lambda jakarta ini. Sampai bertemu dalam meetup selanjutnya.