Berbagai Sertifikasi IT yang Harus Diketahui

Ahmad Oriza 28 Januari 2016

Berbagai Sertifikasi IT yang Harus Diketahui

Kali ini saya mencoba membahas beberapa sertifikasi IT yang ada saat ini. Kalau kita merujuk pada wikipedia, pengertian dari sertifikasi adalah suatu penetapan oleh suatu organisasi kepada seseorang untuk menunjukan bahwa orang tersebut mampu melakukan tugas spesifik. Dengan adanya sertifikasi memberikan siapa saja peluang untuk diakui skill nya. Pengambilan sertifikasi ini biasa dijadikan untuk pemenuhan syarat melamar suatu pekerjaan. Tidak hanya itu, beberapa perusahaan pun menjalankan program sertifikasi untuk sumber daya internal perusahaannya dalam upaya peningkatan mutu.

Bagaimana dengan dunia IT? banyak sekali program sertifikasi IT yang ada saat ini. Terdapat sertifikasi yang beragam sesuai dengan profesi IT manakah yang kita tempuh. Mulai dari bidang jaringan, IT management sampai kepada kemampuan programming. Semua sertifikasi ini digarap dan dikeluarkan oleh para vendor teknologi atau suatu organisasi.

Semuanya dalam rangka pengujian fasih apa tidaknya kita dalam menggunakan tool suatu vendor untuk menunjang pekerjaan kita kelak. Bagi teman-teman yang ingin tahu, mari kita simak beberapa program sertifikasi IT yang ada saat ini. Saya membagi sertifikasi berdasarkan vendor/organisasi yang mengeluarkannya.

CISCO

Terdapat banyak sekali program sertifikasi untuk CISCO. Sertifikasi dikategorikan dalam beberapa kelompok peserta seperti entry level, associate, professional, expert, sampai kepada level architect. Berikut ini beberapa contoh sertifikasi yang tersedia :
  • CCENT, sertifikasi ini memvalidasi kemampuan peserta dalam menginstall, mengoperasikan, dan troubleshooting jaringan pada perusahaan cabang. Termasuk testing dalam keamanan jaringan.
  • CCT, sertifikasi ini mengetes peserta dalam hal mendiagnosa, restore, memperbaiki sistem jaringan yang menggunakan Cisco pada suatu perusahaan.
  • CCDA, sertifikasi ini lebih bersifat advance. Disini peserta akan diuji pengetahuannya mengenai cara mendesain jaringan perusahaan dengan performance yang baik dan skalabel.
Teman-teman dapat membaca dan melihat daftar lengkap sertifikasi Cisco pada tautan ini http://www.cisco.com/c/en/us/training-events/training-certifications/certifications.html#~Cert

Adobe

  • Adobe Dreamweaver Cs6. Sertifikasi ini bertujuan untuk memvalidasi pengetahuan peserta mengenai penggunaan Adobe Dreamweaver CS6 ACE. Isi materi test mengenai pengetahuan arsitektur website, desain tata letak, koding halaman website, dan editing website dengan Dreamweaver.
  • Adobe Flash CS6 ACE. Program ini membahas dan menguji  pengetahuan peserta dalam animasi, video, serta cara deploy aplikasi berbasis flash ke production. Baik dalam platform web, desktop, maupun mobile platform. Dalam sertifikasi ini juga ada ujian mengenai penggunaan dasar dasar ActionScript 3.0

Oracle

Oracle adalah perusahaan besar yang memiliki banyak bisnis. Tidak heran jika sertifikasi yang dikeluarkannya sangat beragam. Sertifikasi Oracle mewadahi bermacam profesi, tidak hanya database administrator. Pada intinya sertifkasi Oracle terbagi menjadi 10 bagian utama diantaranya :
  • Application. Menguji pengetahuan peserta dalam menggunakan aplikasi besutan Oracle untuk solusi bisnis perusahaan. Aplikasi tersebut diantaranya Demantra, E-Business Suite, Endeca, Hyperion, Oracle Commerce, People Soft, dan Primavera.
  • Cloud. Sertifikasi dalam penggunaan Oracle Cloud. Program yang dibahas dalam sertifikasi ini diantaranya Java Cloud, Oracle Customer Experience, Oracle Database Cloud, Oracle ERP Cloud, Oracle Human Capital Management Cloud, Oracle Supply Chain Managemen Cloud.
  • Database. Dari namanya sudah kita ketahui, sertifikasi ini adalah validasi skill peserta dalam produk database milik Oracle. Beberapa item tersebut diantaranya MySQL, Oracle Database (Oracle 11g dan Oracle 12c), Database Application Development (membahas Express, SQL, PL/SQL dan MySQL untuk Developer)
  • Enterprise Management. Sertifikasi ini menguji pengetahuan peserta dalam menggunakan produk IT Management milik Oracle.
  • Foundation. Ditujukan untuk para arsitek IT dalam menentukan solusi dalam lingkungan bisnis dan manajemen proyek.
  • Industries. Disini peserta diuji bagaimana cara implementasi produk Oracle untuk berbagai industri dan menyiapkan karir peserta dalam bidang yang lebih spesifik. Bidang tersebut diantaranya  layanan finansial, kesehatan, pajak, retail, komunikasi, dan asuransi
  • Java dan Middleware. Yaitu sertifikasi peserta mengenai pengetahuan menggunakan Java, Oracle Fusion Middleware. Bidang pembahasan yang tersedia meliputi Business Inteliigent, Identity Management, Application Server, dan Oracle Cloud.
  • Operating System. Sertifikasi ini memvalidasi pengetahuan peserta dalam mengoperasikan sistem operasi milik Oracle seperti Oracle Linux dan Oracle Solaris beserta teknik clustering.
  • Systems.  Sertifikasi ini meliputi bagaimana manajemen sistem untuk mensupport aplikasi berbasis Oracle. Bidang pembahasan diantaranya manajemen server dan storage.
  • Virtualization. Yaitu testing mengenai pengembangan skill dalam pengintegrasian teknologi virtualisasi dalam industri. Mulai dari desktop sampai data center.

Pentaho

Sertifikasi Pentaho menguji dan memvalidasi kemampuan peserta dalam menggunakan Pentaho. Pentaho sendiri merupakan tool dalam bidang analitik data yang populer. Lingkup pengujian diantaranya menggambarkan apa itu Pentaho beserta penggunaannya, cara install, mengolah laporan, membuat model sampai kepada integrasi data dan administrasi.

Red Hat

Program ini menguji kemahiran peserta dalam menggunakan sistem operasi Red Hat. Target peserta dari ujian ini adalah system administrator sampai kepada enterprise developer. Berikut ini beberapa program sertifikasi milik Red Hat :
  • Red Hat Certified System Administrator (RHCSA). Sertifikasi ini bertujuan memvalidasi skill peserta  dalam sistem administrasi pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux.
  • Red Hat Certified Engineer (RHCE). Sertifikasi ini menguji peserta pengguna Red Hat yang sudah senior. Tes meliputi tambahan skill, pengetahuan dan kemampuan yang dipunyai senior system administrator pada lingkungan Red Hat Enterprise Linux.
  • Red Hat Certified Architect (RHCA). Sertifikasi ini menguji skill peserta mengenai Red Hat Enterprise Linux dan teknologi Red Hat lainnya.
  • Red Hat Certified Virtualization Administrator (RHCVA). Sertifikasi ini membahas dan menguji skill peserta dalam hal virtualisasi. Isi materi mengenai bagaimana deployment dan management infrastruktur untuk virtualisasi menggunakan teknologi Red Hat Enterprise Virtualization.
Teman-teman dapat melihat daftar lengkap sertifikasi Red Hat pada tautan ini https://www.redhat.com/en/services/all-certifications-exams

ZEND

Program sertifikasi ini untuk memvalidasi dan menguji kemampuan peserta dalam penggunaan teknologi Zend. Terdapat 3 item pilihan sertifikasi diantaranya
  • Zend PHP Certification. Sertifikasi di bidang koding dengan bahasa pemrograman PHP. Mulai dari dasar-dasar koding, penggunaan fungsi, sampai kepada penggunaan dan integrasi database dalam PHP.
  • Zend Framework 2 Certification. Sertifikasi yang ditujukan untuk kalangan professional dalam penggunaan Zend Framework 2. Zend Framework merupakan framework enterprise yang populer dan dibuat langsung oleh organisasi pengurus PHP. Uji pengetahuan diantaranya membahas service manager, authentication,  sampai kepada web services.
  • Zend Framework 1 Certification. Sertifikasi ini membahas Zend Framework 1. Soal yang dibahas diantaranya konsep MVC, pengaturan performance, fungsi mail, infrastruktur, sampai integrasi database.

Wordpress

Saking terkenalnya dan dipakainya cms ini dimana mana. Tim Wordpress besutan Matt dan kawan-kawan juga mengenalkan program sertfikasi Wordpress beserta trainingnya. Sertifikasi dan training ini bertujuan memberi pengetahuan dan memvalidasi pengetahuan peserta dalam scaling Wordpress sampai dapat menghandle jutaan pengguna. Juga para peserta tersertifikasi juga mendapat kesempatan menjadi tim inti dalam pengembangan Wordpress.

VMware

Salah satu vendor tool virtualisasi ini mengeluarkan beberapa program sertifikasi yang ditujukan untuk para professional IT. Terdapat 3 program sertifikasi diantaranya :
  • VPCp6-CMA. Program ini menguji pengetahuan peserta mengenai cloud management dan automation seperti misalnya menginstall dan mengkonfigurasi teknolgo vRealize Suite Components milik VMware.
  • VPC6-NV. Program ini menguji pengetahuan peserta mengenai virtualisasi pada jaringan. Adapun beberapa materi diantaranya menggambarkan infrastruktur fisik VMware NXS dan troubleshooting virtualisasi VMware.
  • VCP6-DTM. Program ini memvalidasi pengetahuan peserta mengenai desktop dan mobility. Contoh topik pembahasan misalnya bagaimana cara install, mengkonfigurasi VMware Mirage.
Demikian beberapa sertifikasi IT yang ada saat ini. Bagi teman-teman yang menggangap ada yang perlu dan penting ditambahkan dalam daftar ini silahkan masukan pada kolom komentar. Saya kan terus mengupdate halaman ini.

Semoga bermanfaat!

Sumber cover icon : http://bit.ly/1PCKFf4