Brave, Browser Baru Buatan Bapak JavaScript

Bagus Aji Santoso 27 Januari 2016

Brave, Browser Baru Buatan Bapak JavaScript

Nama Brendan Eich dikenal atas kerja kerasnya mengembangkan JavaScript dan menjadi CEO Mozilla (2014). Kini, Brendan Eich sedang mengerjakan sesuatu yang mungkin banyak dicari oleh para netters, web browser anti iklan bernama Brave.

Brave dikembangkan oleh Brendan Eich untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna saat browsing agar tidak terganggu oleh banyaknya iklan yang muncu. Dalam sebuah wawancara, Brendan Eich mengatakan bahwa tujuan pembuatan Brave tidak hanya melakukan blocking iklan, "We're doing something bigger than ad blocker."

Dalam aksinya, Brave tidak serta merta menghilangkan semua jenis iklan. Iklan yang tidak berusaha "mencuri" data pengguna tetap akan ditayangkan. Yang perlu dicatat adalah Brave berusaha menggantikan iklan yang mereka blok dengan iklan mereka sendiri, tentunya iklan yang akan disisipkan oleh Brave bukanlah iklan-iklan "nakal".

Brave dirilis sebagai open source software dan kode sumbernya dirilis di repositori Github. Tersedia versi Brave untuk iOS, Android, OS X, Windows dan Linux. Saat ini Brave masih dalam tahap pengembangan dengan versi 0.7 developer edition.

(bas/techcrunch/softpedia/linuxinsider)