Ekstensi Visual Studio Terbaru dan Terkeren di Februari 2016

Ridwan Fajar 23 Maret 2016

Ekstensi Visual Studio Terbaru dan Terkeren di Februari 2016

Diberitakan oleh Michael Dick (Senior Program Manager, Visual Studio) pada tanggal 2 Maret 2016 di Visual Studio Blog, Michael memberikan beberapa daftar ekstensi Visual Studio yang dapat membantu produktivitas developer untuk membangun aplikasi dengan Visual Studio. Menurut Michael, sudah ada 135 ekstensi baru yang ditambahkan ke Visual Studio Gallery di tahun 2016.

Selama satu atau dua bulan Michael akan mengenalkan ekstensi terbaru yang patut dikenal oleh semua developer. Untuk bulan Februari 2016 sendiri berikut adalah beberapa ekstensi yang bisa Anda catat untuk keperluan di kesempatan mendatang:

  • UWP Tile Generator oleh Shen Chauhan, jika Anda seorang developer untuk membangun aplikasi UWP (Universal Windows Platform), bagian terpenting dari aplikasi Anda adalah memiliki tile dan icon yang tepat untuk aplikasi Anda di semua platform. Membuat gambar ini secara manual sungguh menghabiskan waktu, dan datanglah UWP Tile Generator yang mempermudah hal tersebut. Ekstensi ini menghasilkan tile dengan ukuran yang dibutuhkan kemudian mengintegrasikannya ke dalam app manifest. Sangat menghemat waktu sekali.
  • Open Bin Folder Extension oleh John McBridge, kehebatan ekstensi ini terletak pada kesederhanaanya. Anda dapat melihat langsung folder bin dari proyek yang Anda buat untuk melihat apa sajakah file yang dihasilkan oleh Visual Studio.
  • DocPreview oleh Olev Shilo, ekstensi ini akan membantu Anda melihat visualisasi dari komentar yang Anda tambahkan ke dalam source code. Dalam format XML, komentar tersebut akan ditampilkan menggunakakn DocPreview, yang dapat membantu proses pembacaan komentar source code menjadi lebih mudah dan cantik.
  • Javascript Snippet Pack ooleh Mads Kristensen, ekstensi ini mempermudah Anda untuk menyimpan sejumlah kode Javascript yang berguna di Visual Studio. Ekstensi ini sendiri tersedia dengan 30 snipet untuk mempermudah developer Javascript seperti menambahkan event listener atau each loop.
Sedangkan 10 ekstensi populer selama Januari hingga Februari 2016 adalah sebagai berikut:
  1. Javascript Snippet Pack
  2. Supercharger
  3. Ionic Pack
  4. SFML template project
  5. UWP Tile Generator
  6. Dummy Text Generator
  7. Bootstrap Rifle
  8. UWP App Skeleton
  9. JSON ADO.NET Provider
  10. DocPreview
Selain mengenal dan menggunakan ekstensi yang telah ada, Anda pun dapat membuat sendiri ekstensi untuk Visual Studio melalui Visual Studio Extensibility Framework. Jika tertarik, Anda dapat mengikuti tutorial dan video yang sudah tersedia untuk memulai membuat ekstensi Anda sendiri. Anda dapat mengunjungi tutorial tersebut di VisualStudio.com/integrate.

(rfs/microsoft)