JS13KGAMES, Kompetisi Unik Membuat Game dengan HTML5

Bagus Aji Santoso 12 Agustus 2015

JS13KGAMES, Kompetisi Unik Membuat Game dengan HTML5

Masing ingat dengan JS1K? Kompetisi membuat aplikasi JavaScript namun dengan batasan ukuran hanya 1 kilobyte saja. JS13KGAMES ini merupakan kompetisi yang mirip dengan JS1K. Bedanya, jika JS1K kita bisa membuat aplikasi/game asalkan memiliki ukuran maksimal 1 kilobyte, maka di JS13KGAMES kita boleh membuat game dengan ukuran maksimal 13 kilobytes. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Andrzej Mazur dari Enclave Games dan dimulai pada tanggal 13 Agustus 2015 - 13 September 2015.

Akan ada tiga kategori game yang akan dilombakan yaitu desktop, mobile, dan server(multiplayer). Dengan adanya tiga kategori ini kita bisa bebas memilih ingin berkompetisi dikategori yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Namun jangan khawatir, persaingan disetiap kategori akan sama ketatnya karena kompetisi ini dapat diikuti oleh siapapun dari belahan bumi manapun, termasuk kita di Indonesia.

Dua belas orang juri akan menentukan para juara di JS13KGAMES tahun 2015. Terdapat beberapa nama terkenal yang menjadi juri diantaranya Richard Davey, direktur Photon Storm yang juga pengembang utama game framework Phaser, kemudian Pablo Farías Navarro, pendiri Zenva Academy yang telah mempublikasikan lebih dari 40 seri video pembelajaran online mengenai pengembangan game, web, dan mobile apps. Selain kedua nama di atas, terdapat pula 10 juri lainnya yaitu:

Terdapat lebih dari 20 hadiah menarik menanti para pemenang kompetisi JS13KGAMES. Daftar lengkap hadiah-hadiah yang ditawarkan dapat dilihat melalui halaman http://2015.js13kgames.com/#prizes.

[caption id="attachment_5348" align="aligncenter" width="600"]Beberapa hadiah menarik menanti para juara Beberapa hadiah menarik menanti para juara[/caption]

Aturan-aturan resmi tata cara mengikuti kompetisi JS13KGAMES 2015 dapat dibaca melalui halaman http://2015.js13kgames.com/#rules. Tunggu apa lagi? Tunjukkan skill membuat game pembaca lewat kompetisi yang super unik ini. Waktunya hanya satu bulan. Kunjungi segera halaman depan JS13KGAMES sekarang juga!

(bas/js13kgames)