Kategori Aplikasi Mobile yang Paling Populer Dibuat Developer Indonesia

Kresna Galuh 22 Februari 2016

Kategori Aplikasi Mobile yang Paling Populer Dibuat Developer Indonesia

Sudah tidak bisa disangkal lagi memang pertumbuhan industri mobile benar-benar dahsyat, dari tahun ke tahun terus mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan report dari We Are Social pada Januari 2016 lalu, saat ini saja ada lebih dari 3,790 milyar unique mobile user, 51% dari total penduduk dunia yang ada, 7,395 milyar.

[caption id="attachment_7812" align="aligncenter" width="952"]Global Digital Snapshot Januari 2016, We Are Social Global Digital Snapshot Januari 2016, We Are Social[/caption]

Sebuah angka yang fantastis bukan? Bagaimana tidak? Dengan invasi besar-besaran dari smartphone murah asal China, saat ini setiap orang bahkan sudah bisa memiliki smartphone yang canggih hanya dengan mengeluarkan kocek Rp 800K saja. Alhasil, tidak hanya digital native saja yang menggunakan smartphone, orang-orang dari generasi tua yang pada tahun-tahun sebelumnya belum mengenal teknologi pun kini sudah mulai akrab dengan smartphone (digital immigrants).

Berikut ini pertumbuhan penggunaan mobile data internet di dunia dari tahun ke tahun yang terus meningkat:

[caption id="attachment_7814" align="aligncenter" width="954"]Global Mobile Data Growth, We Are Social (Januari 2016) Global Mobile Data Growth, We Are Social (Januari 2016)[/caption]

Bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia pun ada pada posisi yang menjanjikan. Indonesia berada pada urutan ke-16 sebagai negara pengguna perangkat mobile terbanyak di dunia, berikut data statistiknya:

[caption id="attachment_7817" align="aligncenter" width="952"]Mobile Connections by Country, We Are Social (January 2016) Mobile Connections by Country, We Are Social (January 2016)[/caption]

Dengan potensi yang sedemikan rupa, belum lagi ditambah dengan bonus demografi Indonesia, tidak heran jika negara kita termasuk salah satu negara yang cukup diperhitungkan oleh dunia. Untunglah besarnya potensi kita menjadi market dalam industri mobile, tidak lantas hanya membuat kita menjadi konsumen saja, banyak juga karta-karya developer lokal kita yang berkualitas dan memberi warna dalam industri teknologi di Indonesia. Untuk mendukung hal tersebut Google bahkan berjanji akan mendukung Indonesia untuk melahirkan 100.000 android developer di tahun 2020.

Kategori Aplikasi Mobile yang Paling Populer di Indonesia

Melihat pasar industri mobile di Indonesia mungkin membuat kamu melihat peluang di sana sini, bahkan membuat kamu tertarik untuk menjadi mobile developer. Namun mungkin kamu penasaran aplikasi apa sih yang paling sering dibuat oleh developer di Indonesia. Berikut ini Codepolitan mendapatkan data kategori aplikasi mobile yang paling populer dibuat oleh developer Indonesia dari survey yang dilakukan oleh Developer Economics. Berikut grafiknya:

[caption id="attachment_7818" align="aligncenter" width="953"]Which are the most popular Mobile App Categories in Indonesia? Which are the most popular Mobile App Categories in Indonesia? Developer Economics [/caption]

Kesimpulan

Dengan jumlah penduduk dan bonus demografi, Indonesia memiliki potensi besar dalam industri mobile. Terlebih lagi sedikit demi sedikit pasar Indonesia mulai teredukasi, itu terbukti dari jumlah digital immigrants yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Aplikasi mobile yang paling sering digunakan di Indonesia adalah aplikasi dengan kategori Games (21,69%), diurutan kedua disusul oleh kategori Education & Reference (14,63%) sedangkan diurutan ketiga ada kategori Business & Productivity Tools (13,90%).

Sumber gambar cover: mobileappcost.com