Logo Baru CodePolitan dan Bagi-bagi Ebook Pemrograman Premium

Kresna Galuh 28 Januari 2016

Logo Baru CodePolitan dan Bagi-bagi Ebook Pemrograman Premium

Tumbuh dan terus meningkatkan kualitas diri adalah salah satu filosofi yang kami pegang dalam membangun CodePolitan. Oleh karena itu kami terus belajar dan belajar agar bisa menjadi lebih baik serta meningkatkan kualitas dan kapasitas kami. Membangun sesuatu terkadang memang mudah, tapi membuatnya terpelihara dan tumbuh bukanlah perkara sederhana. Itulah yang saat ini sedang kami lakukan.

Satu tahun lebih CodePolitan telah menemani para Coder dalam mempelajari dan update informasi seputar pemrograman. Masih segar dalam ingatan kami ketika kami mulai menulis artikel pertama kami di CodePolitan dan kini kami sudah memiliki ribuan pageview perharinya. Tentu itu semua terjadi bukan hanya karena usaha kami sendiri saja, dukungan dan masukan dari teman-teman pembaca memiliki peran penting dalam pertumbuhan kami.

Salah satu langkah pertumbuhan yang kami lakukan untuk mengawali tahun 2016 ini adalah memperbaiki UI dan UX dari CodePolitan. Dan termasuk ke dalamnya adalah memperkenalkan logo terbaru kami.

Dengan bangga, berikut ini kami perkenalkan logo terbaru CodePolitan:

Logo baru CodePolitan versi horizontal

Logo CodePolitan yang baru tidak hanya dalam versi horizontal, kami juga memiliki versi kotak untuk logo CodePolitan. Berikut adalah logo terbaru CodePolitan versi kotak:

Logo baru CodePolitan versi kotak

Tentu saja kami juga memiliki icon atau logo minimal sebagai brand CodePolitan. Berikut ini adalah icon CodePolitan dengan berbagai varian:

Icon baru CodePolitan

Makna Logo CodePolitan

Berikut ini makna dari logo baru CodePolitan:

  • Bentuk logo menyerupai tanda kurung "<" dan ">" (bracket) menunjukan fokus kami sebagai media edukasi dan informasi yang membahas seputar pemrograman. Karena tanda kurung adalah sebuah tanda yang sangat familiar sekali dalam pemrograman.
  • Bentuk logo yang menyerupai tanda kurung (bracket) berbentuk balok bata yang saling terhubung menggambarkan semangat kolaborasi dalam membangun ekosistem pemrograman di Indonesia.
  • Warna logo terdiri dari hijau toska (#1FBBA6) dan magenta (#F16767) menunjukan identitas kami sebagai CodePolitan.
  • Warna hijau toska (#1FBBA6) menggambarkan keinginan untuk belajar. Warna hijau toska merupakan warna yang terbentuk karena percampuran antara warna hijau dan biru. Itu menggambarkan bahwa dalam belajar kita harus senantiasa merasa muda (hijau) sehingga bisa membuka diri untuk menerima informasi dan belajar ilmu baru dalam transisi untuk menjadi profesional (biru).
  • Warna magenta (#F16767) menggambarkan semangat yang konsisten dalam belajar. Dalam belajar, teratur atau konsisten jauh lebih baik dari pada menggebu-gebu namun tidak berkelanjutan. Sehingga untuk menggambarkan semangat (merah) dan keteraturan (biru), kami menggunakan magenta (bukan pink) yang merupakan pencampuran antara warna merah dan biru.
  • Tulisan CODEPOLITAN menunjukan identitas kami sebagai CodePolitan.
  • Kata CODE ditulis lebih tipis dari kata POLITAN bermakna proses. Untuk menjadi seorang yang ekspert kita harus siap memulainya dari newbie. Untuk menjadi besar kita harus mulai dari yang kecil. Dalam menggapai sesuatu kita harus siap menjalani dan menikmati semua prosesnya. Sehingga ketika kita telah sampai pada apa yang kita ingin gapai kita tidak lantas menjadi sombong, dan ketika kita belum bisa menggapainya kita tidak akan menyerah dalam melangkah.
Tulisan CODEPOLITAN pada logo, ditulis dengan font Avenir yaitu sebuah font berjenis sans serif yang dibuat oleh Adrian Frutiger.

Bagi-bagi Ebook Pemrograman Premium

Dalam rangka memeriahkan pengenalan logo baru dan tampilan baru CodePolitan, kami akan bagi-bagi ebook pemrograman premium secara gratis. Ebook pemrograman premium yang akan kami bagikan di sini adalah majalah CoderTalk edisi ke-18 dengan codename Oncom Oriented. magazine_codertalk

CoderTalk merupakan majalah digital yang membahas seputar pemrograman dan teknologi yang diterbitkan oleh CodePolitan. Pembahasan di CoderTalk meliputi wawasan serta skill teknis dunia pemrograman dan teknologi. Info lebih lengkap tentang CoderTalk bisa diakses melalui codertalk.id.

Majalah CoderTalk edisi 18 merupakan CoderTalk edisi berbayar. Adapun isi dari CoderTalk edisi 18 antara lain:

  • Membuat sendiri joystick untuk mengontrol game menggunakan Digispark
  • Membuat halaman profil CV dengan Bootstrap 3
  • Ngobrolin technology stack yang digunakan Sribulancer.com. Langsung dengan CTO nya
  • Buat kerjaan codingmu lebih efisien dan aman menggunakan Git
  • Belajar Berkarya dari Dicoding
  • Berkenalan lebih jauh lebih dalam dengan Arduino
  • Dan masih banyak pembahasan menarik lainnya

Caranya gimana?

Caranya gampang:
  1. Login dengan akun CodePolitan bagi yang sudah punya akun, kalau yang belum punya jangan lupa register dulu di http://connect.codepolitan.com/register.
  2. Selanjutnya menuju tautan berikut: http://store.codepolitan.com/produk/e-magazine-18-oncom-oriented/.
  3. Selanjutnya lakukan seperti kamu belanja online pada umumnya, hanya saja nanti masukan kode kupon berikut pada halaman Cart (Keranjang) agar bisa dapetin majalahnya secara gratis. Kode kupon gratis CoderTalk edisi 18: f8kxro5mp2cf4pk
  4. Selamat menikmati hidangan dari CodePolitan. Semoga bermanfaat.
Note: Kupon hanya berlaku hingga tanggal 31 Januari 2016.