Membawa Banyak Tools untuk Komunitas, Microsoft Bergabung dengan Eclipse Foundation

Ridwan Fajar 24 Maret 2016

Membawa Banyak Tools untuk Komunitas, Microsoft Bergabung dengan Eclipse Foundation

Diberitakan oleh Shanku Niyogi (General Manager di tim Visual Studio) pada tanggal 8 Maret 2016, Microsoft mengumumkan tergabungnya mereka dengan Eclipse Foundation. Microsoft mempunyai misi untuk mengantarkan dan menyebarkan pengalaman mereka dalam memperkuat developer lain untuk membangun aplikasi di sistem operasi manapun. Dan misi tersebut membuat mereka harus lebih terbuka, fleksibel, dan interoperabel untuk bertemu dengan developer dan tim pengembang dimanapun mereka berada, menyediakan tools, layanan, dan platform yang dapat membantu merealisasikan ide mereka menjadi sebuah produk.

Di EclipseCon, Microsoft hadir untuk menyuarakan visi mereka kepada komunitas Eclipse. Sambutan hangat pun datang dari komunitas developer Eclipse dan Java yang mengapresiasi Eclipse Developer Tools yang telah banyak digunakan oleh jutaan developer di seluruh dunia. Microsoft telah bekerjasama dengan Eclipse Foundation bertahun - tahun untuk meningkatkan Java experience di semua platform dan layanan pengembangan aplikasi termasuk Visual Studio Team Services dan Microsoft Azure.

Microsoft bergabung dengan Eclipse Foundation sebagai solution member. Hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan tools dan layanan untuk tim pengembang, peningkatan berkelanjutan di layanan cloud, SDK, dan tools lainnya.

Microsoft telah memasarkan berbagai tools berbasis Eclipse di Eclipse Marketplace seperti berikut:

  • Azure Toolkit untuk Eclipse dan Java SDK untuk Azure, membuat pengguna Eclipse untuk membangun aplikasi cloud
  • Team Explorer Everywhere plugin, developer dapat akses penuh terhadap source control, team service, dan kemampuan DevOps terhadap Visual Studio Team Services menggunakan Eclipse.
  • Dukungan Azure IoT Suite terhadap Kura, Azure IoT Hub Connector akan mempermudah Kura untuk terhubung dengan mudah ke Azure IoT Suite
  • Azure Java Web App, membuat aplikasi web Java dapat dengan mudah jalan di Azure
  • Java Tools Challenge, mengajak semua developer untuk membanguna aplikasi dan ekstensi untuk Visual Studio Team Service
Selain itu Tyler Jewell mengumumkan bahwa CodeEnvy pun sudah memiliki interoperablitasnya dengan Visual Studio Team Service. CodeEnvy sendiri dibangun diatas Eclipse Che.

Dave Staheli (Software Engineering Manager di Visual Studio Team Service) pun mengumumkan partisipasinya untuk menggunakan kode plugin di empat IDE yang berbeda untuk terhubung dengan Visual Studio Team Service. Dave memberikan demo bagaimana Eclipse, IntelliJ, dan Visual Studio dapat dengan mudah terhubung ke Visual Studio Team Service. Hal ini dikembangkan agar beragam toolsyang digunakan developer dapat dengan mudah melakukan plan, code, build, track, test, deploy, dan monitor.

Tergabungnya Microsoft dengan Eclipse Foundation ini merupakan investasi untuk pengembangan cross-platform dan tentunya agar semakin dikenal oleh developer Eclipse dan Java. Anda pun diajak untuk membantu mengirimkan ide atau saran melalui Visual Studio UserVoice Site.

(rfs/microsoft)