Mesabot, Layanan SMS Gateway Lokal Yang Mudah Digunakan

Ahmad Oriza 7 Maret 2016

Mesabot, Layanan SMS Gateway Lokal Yang Mudah Digunakan

Layanan SMS Gateway

Validasi nomor telepon, pemberitahuan transaksi bank, dan pengumuman nilai siswa merupakan contoh kecil hasil penerapan sms gateway dalam aplikasi di berbagai bidang. Integrasi aplikasi dengan sms gateway memaksimalkan kanal sms sebagai bagian dari keseluruhan sistem yang kita bangun. Entah digunakan untuk customer satisfaction sampai kepada validasi berbasis sms.

Untuk teman-teman yang sudah biasa mengintegrasikan sms dengan aplikasi, mungkin sudah sangat fasih dalam penggunaan teknologi ini. Seperti kita tahu, banyak perusahaan pihak ketiga yang menawarkan indahnya penggunaan sms gateway dengan memanfaatkan API yang mereka sediakan, kita diajak untuk melupakan cara lama dalam penerapan sms gateway. Mengganti repot nya instalasi hardware dan berbagai tool pendukung sms gateway (misalnya Gammu) hanya dengan consume API. Fokus saja dengan bisnis proses aplikasi.

Perkenalkan Mesabot, layanan sms gateway ini merupakan layanan lokal yang baru saja launching. Mesabot dibesut oleh Nusantech. Berbekal UX yang mudah dipahami dan adanya API, Mesabot mencoba menarik perhatian para developer.

"Fitur-fitur nya bagus, mudah digunakan. Apalagi ada developer API nya yang bisa dipakai untuk integrasi dengan website saya" - Supriadi (Founder E-Kosan.com)
"Saya tidak perlu repot bikin sms gateway karena sudah ada mesabot, mempermudah bisnis saya" - Habib Ridho (CEO Boca Futsal)
"Banyak kenalan saya yang berminat pakai" - M. Iqbal (Developer Nusantech.co)
Berikut ini tampilan dashboard pertama kali jika teman-teman sudah mendaftar dan masuk pada platform Mesabot.

[caption id="attachment_7997" align="aligncenter" width="568"]Mesabot form Mesabot Form[/caption]

Terdapat tiga menu utama dalam dashboard, yaitu home, billing, dan developer API.  Tampilan home Mesabot menampilkan form online jika kita ingin langsung menggunakan sms tanpa integrasi ke aplikasi. Mesabot juga sudah support user group jika kita ingin membagi user menjadi beberapa kelompok.

[caption id="attachment_7996" align="aligncenter" width="568"]Mesabot Mesabot Importer[/caption]

Untuk memudahkan kita dalam membangun database user. Mesabot sudah menyediakan fitur importer. Kita dapat import file excel yang sudah berisi data-data user.

Menu selanjutnya yaitu billing. Disini ditampilkan tagihan dari setiap plan yang kita beli. Untuk membeli sms credit cukup transfer ke salah satu rekening yang tertera dan mengkonfirmasikan pada pihak Mesabot.

[caption id="attachment_7998" align="aligncenter" width="579"]Mesabot Billing Mesabot Billing[/caption]

Jika saya hitung-hitung mesabot menerapkan tarif kurang lebih Rp. 100,-  untuk setiap pengiriman sms. Tetapi disamping itu Mesabot mempunyai plan selengkapnya sebagai berikut :

[caption id="attachment_7995" align="aligncenter" width="576"]Layanan sms gateway Pricing[/caption]

Developer API

Mesabot telah menyiapkan Mesabot API untuk teman-teman developer. Mesabot API dapat digunakan untuk pengiriman sms melalui mesin/aplikasi yang kita punya. Pertukaran data dilakukan dalam format JSON melalui protokol HTTP.

Bagi teman-teman yang ingin mencoba API ini diwajibkan untuk mempunyai akun dan mempunyai SMS Credit terlebih dahulu. Kita juga membutuhkan token yang menjadi identifier dan hak akses dalam penggunaan API.

[caption id="attachment_7999" align="aligncenter" width="568"]Mesabot Developer Mesabot Developer[/caption]

Kabar gembira untuk pengguna PHP, pihak Mesabot telah menyiapkan library siap pakai untuk memangkas kerja teman-teman dapat mengintegrasikan Mesabot. Library dapat diakses pada laman Github berikut ini https://github.com/wardwar/mesabotApi-php

Perlu teman-teman ketahui, pengiriman via Mesabot API sudah support multi destinasi. Artinya teman-teman dapat mengirimkan sms ke banyak nomor sekaligus pada sekali API request saja.

Dokumentasi selengkapnya dapat diakses pada tautan ini http://www.mesabot.com/developer-page

Tertarik untuk mencoba Mesabot?

  • Akan hadir tutorial Mesabot di Codepolitan.