Program Baidu Buka Akses ke Pasar China untuk Developer Indonesia

Kresna Galuh 10 September 2015

Program Baidu Buka Akses ke Pasar China untuk Developer Indonesia

Siapa yang tak kenal dengan Baidu, yaitu perusahaan berbasis teknologi dan media yang berpusat di Beijing, China dan memiliki 700 juta pengguna. Didirikan oleh Robin Li pertama kali di tahun 1999, Baidu menguasai hampir 90% market di China. Saat ini Baidu tengah melakukan ekspansi ke pasar global seperti Brazil, Jepang, Vietnam, Thailand, Korea termasuk ke Indonesia di tahun 2013.

Memasuki tahun kedua di Indonesia, Baidu akan meluncurkan program bertajuk Indonesia Internet Economy & Ecosystem Development Program: Grow Local, Go Global! Melalui program tersebut Baidu mencanangkan dua agenda kerja khusus bagi Indonesia, yaitu Program pengembangan Startup Lokal dan Program Go Global, yaitu membuka akses dan menyediakan platform bagi produk digital lokal menuju pasar global dalam hal ini menuju China, negara asal Baidu berdiri. Tentu saja ini merupakan berita baik buat developer tanah air yang hendak mengembangkan sayap untuk bermain di pasar global.

Program Baidu tersebut, Indonesia Internet Economy & Ecosystem Development Program: Grow Local, Go Global! Akan dibuka dan diluncurkan pada:

Tanggal:  23 September 2015 (Rabu)
Tempat:  Hotel Pullman, Jl. MH Thamrin 59, Jakarta – Ruang Thamrin I, Ground Floor
Jam:  09.00 – 13.00 WIB (makan siang)

 

Pembicara utama pada pembukaan program Pengembangan Ekonomi dan Ekosistem berbasis Internet akan dibawakan oleh Zhang Ya Qin, selaku Baidu President New Business. Zhang Ya Qin ditunjuk oleh Robin Li, sebagai President Baidu menangani New Business pada tahun 2014. Sebelum bergabung dengan Baidu, Mr. Zhang bergabung dengan Microsoft di tahun 1999 dan menjadi salah satu pendiri Microsoft Research Asia (MSRA) di tahun 2006. Selama 15 tahun karirnya di Microsoft, Zhang pernah menjabat menjadi Managing Director Microsoft Research Asia, Chairman Microsoft China dan Corporate Vice President of Mobile & Embedded Products. Topik utama yang akan dibawakan oleh Mr. Zhang pada pembukaan program tersebut meliputi:

  1. Pemaparan & Peluncuran Internet Economy & Ecosystem Development Program.
  2. Pemaparan & Peluncuran Market Riset - Indonesia Mobile Application Users Behavior.

Pada pembukaan program tersebut akan hadir pula Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebagai keynote speaker 1 dan Bapak Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif sebagai keynote speaker 2.

Buat kamu para pengembang aplikasi mobile, game developer, komunitas startups, digital SMEs dan para pengembang produk digital dari Industri Kreatif yang ingin tau lebih banyak tentang Indonesia Internet Economy & Ecosystem Development Program: Grow Local, Go Global! dan bagaimana nantinya karya-karya kamu bisa diekspor ke China melalui program ini, kamu juga bisa ikut menghadiri acara pembukaan program tersebut dengan mengirimkan RSVP ke email V_Ayuraminda@baidu.com atau phone 0812-21-800-949. Batas akhir pengiriman RSVP sampai dengan 14 Agustus 2015, terbatas untuk 100 peserta.

Untuk info lengkap, silahkan hubungi Anti Ariandini (0818-722-088) / Damayanti.Ariandini@baidu.com.

Rundown acara dapat diunduh melalui tautan berikut: https://goo.gl/7oSWCV