Diskusi ADITYA KURNIAWAN

Selesai
ADITYA KURNIAWAN
Ditanyakan pada: Cek Kondisi Berlapis Lebih Aman

Penjelasan Logka .indexOf(' ') === -1

if (password.length >=6) { if (password.indexOf(' ') === -1){ alert("Password valid"); } else { alert("Password tidak boleh ada spasi"); } } else { alert ("Password minimal 6 karakter"); }

maaf sebelumnnya izin bertanya, dari contoh syntax diatas mengapa yang di tampilkan yaitu alert yg kedua bukan alert yg pertama padahal kondisinya terpenuhi dengan memsukan password yang mengandung spasi?

mohon dijelaskan logika dari .indexOf(' ') === -1 ?

mohon maaf setelah saya baca2 jawaban dari beberapa pertanyaan saya masih belum menangkap

2 Jawaban

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

15 hari yang lalu

Jawaban Terpilih
if (password.length >= 6) { if (password.indexOf(' ') === -1) { alert('Password valid'); } else { alert('Password tidak boleh ada spasi'); } } else { alert('Password minimal 6 karakter'); }

Maksud dari kode password.indexOf(' ') === -1 adalah mengecek apakah password mengandung spasi. Method indexOf akan mengembalikan nilai -1 jika parameter yang dicari tidak ada. Silahkan coba kode berikut di console untuk membuktikannya.

let password = 'rahasia'; password.indexOf(' ');
Avatar
BroKoding

15 hari yang lalu

Halo kak, sederhananya statement tersebut memastikan bahwa tidak terdapat karakter whitespace pada string password yang disubmit. Jika ada maka akan return error sesuai kondisi yang diberikan.