waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

10 Bahasa Pemrograman Cloud Computing Terpopuler

Ditulis oleh Yana Permana, dipublikasi pada 12 Apr 2015 dalam kategori Info
10 Bahasa Pemrograman Cloud Computing Terpopuler - CodePolitan.com

Jika pembaca ingin punya portofolio cloud computing tingkat dewa, lihat 10 bahasa pemrograman berikut yang sering digunakan dalam dunia cloud computing. Ketika banyak orang berpikir dalam memilih bahasa pemrograman, kemungkinan akan memilih salah satu yang terbaik, bahasa pemrograman yang sering dipikirkan di sekolah maupun kampus adalah C, Java, atau Python. Namun bahasa pemrograman disini, artinya lebih luas. Ciri penting bahasa pemrograman adalah ada kata kunci dan struktur untuk mengkomunikasikan informasi. Ini dia 10 bahasa pemrograman cloud computing terpopuler.

1. Erlang

cp_Erlang_logo

Dalam industri telekomunikasi, produk harus selalu kuat. Artinya customer, koneksi, transaksi, dan record akan selalu tumbuh hingga jutaan. bahasa pemrograman fungsional Erlang adalah pilihan tepat untuk cloud computing. Dan faktanya, Erlang telah banyak digunakan dalam aplikasi cloud populer seperti RabbitMQ, CouchDB, Riak ddan LING unikernel.

2. Python

cp_python-logo-master-v3-TM

Python dalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang didesain mudah dipahami. Hari ini, Python banyak digunakan dalam aplikasi cloud. Salah satunya adalah OpenStack, yang merupakan manajemen software IaaS (Infrastructure as a Service).

3. Go

cp_gogs-logo

Go adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Google beberapa tahun lalu ketika programmer Google frustasi dengan bahasa pemrograman C++. Google Menyediakan berbagai tutorial interaktif dan playground agar mudah memahami bahasa pemrograman tersebut. Salah satu penggunaan Go dalam aplikasi cloud adalah Docker. Docker adalah platform yang akan membantu programmer dalam membuat aplikasi terdistribusi cloud.

4. GFM

cp_gfm

GFM merupakan kependekan dari GitHub Flavored Markdown. GFM adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam berbagai dokumen pada repo GitHub. GFM digunakan oleh jutaan programmer, karena jutaan programmer sudah menggunakan GitHub. GFM mudah dipelajari karena sederhana. Dan banyak project cloud yang menggunakannya, salah satunya adalah Cloud Foundry.

5. RegEx

cp_img_regex_big

RegEx merupakan kependekan dari Regular Expression. RegEx mencakup berbagai simbol, kata kunci dan karakter. RegEx juga merupakan pilar dalam Linux. Sistem operasi berbasis Unix dan Linux menggunakan RegEx untuk mengatur berbagai teks yang bertebaran dalam konfigurasi, command line dan protokol. Dan banyak programmer yang menggunakannya, karena kebanyakan cloud berbasis Linux.

6. Haskell

cP_haskell-logo-with-name

Haskell adalah bahasa pemrograman fungsional yang idealnya digunakan untuk distribusi. Dan platform cloud Haskell telah dimulai beberapa tahun lalu. Haskell punya adopsi dalam industri dan mereka masuk bahasa pemrograman terpopuler Github Top 20. Memang Haskell tak mudah untuk dipelajari, namun pembaca bisa mencari tutorialnya.

7. Clojure

cp_clojure

Clojure bukan hanya sebagai bahasa pemrograman matematika namun juga sebagai bahasa pemrograman fungsional. Hal ini terjadi karena Clojure sangat populer dalam analisis data. Apache Storm, adalah pemroses data real time yang dicoding dalam Clojure. bahasa pemrograman fungsional tidak butuh titik koma seperti bahasa pemrograman prosedural umumnya. Pembaca dapat melihat titik koma hanya digunakan untuk komentar saja.

8. R

cp_r_logo

bahasa pemrograman R adalah bahasa pemrograman yang digunakan programmer dalam membuat statistik, laporan dan grafik. Banyak tutorial interaktif bahasa pemrograman R yang mengekspos banyak hal penting untuk analisis data seperti vektor, faktor, dan himpunan data. Perannya dalam cloud, salah satunya adalah membantu analisis Big Data dengan layanan EMR yang dibundle dalam RStudio IDE oleh Amazon.

9. XML

cp_logo_xml

XML digunakan untuk menggambarkan dokumen dan mengirimkannya sebagai stream. XML adalah bahasa pemrograman populer untuk melakukan mark up data, biasanya disandingkan dengan Java. Dimana Java support untuk berbagai distribusi sistem skala besar dan XML ikut didalamnya. Salah satu perannya dalam cloud adalah pada konfigurasi Apache Hadoop.

10. SQL

images_sql_logo

SQL sudah banyak digunakan berbagai pengembangan aplikasi sebelum cloud. Dan beberapa sintaks database non-relasional pun mirip SQL. Dan sekarang area cloud sudah dipenuhi dengan SQL.

Itulah 10 bahasa pemrograman cloud computing terpopuler. Pembaca bisa mempelajari satu per satu untuk memahami praktik cloud computing lebih lanjut.

(yp/techrepublic)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP