5 Situs Terbaik Untuk Belajar PHP, Gratis!

Meskipun telah berumur hampir 20 tahun, kepopuleran PHP (Hypertext Preprocessor) tidak pernah luntur. Kepopuleran ini terus terjaga karena banyaknya framework-framework yang membantu serta mempermudah pekerjaan seorang pengembang aplikasi web, sebut saja Symfony, Zend, CodeIgniter, Yii Framework, dan tak lupa framework yang saat ini sedang naik daun di Indonesia, Laravel.

Dengan menggunakan framework PHP seorang pengembang web dapat menyelesaikan tugas yang tadinya sulit, rumit, membutuhkan waktu yang lama menjadi tugas yang mudah, sederhana, dan dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat. Namun, agar dapat menggunakan framework PHP dengan baik, kita harus memahami dasar-dasar PHP itu sendiri. Karena dengan memahami inti dari PHP kita dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh setiap kode framework yang kita gunakan, sehingga apabila terjadi kesalahan dalam aplikasi yang kita buat, kita dapat dengan mudah mencari darimana sumber kesalahan tersebut. Bayangkan apabila kita tidak memiliki pemahaman akan PHP, akan sulit bagi kita untuk mendeteksi kesalahan yang terjadi serta memahami cara kerja dari program yang kita buat.

Bagi anda yang baru belajar PHP atau anda yang sudah pernah menggunakan salah satu (atau lebih) framework PHP namun ingin mengasah pemahaman akan PHP murni (non framework), kelima situs di bawah ini akan membantu anda dalam belajar PHP.

Ilmu Website

Ilmu Website

Ilmuwebsite.com merupakan website pembelajaran yang cukup dikenal karena materi belajar php nya, dan belakangan karena keterbatasan waktu membuat kontritbur situs ini tidak bisa melakukan sharing seperti sebelumnya. Namun ilmuwebsite masih terus mencoba agar kegiatan sharing belajar php , html , belajar jquery , cara membuat website , dan lain-lainnya menjadi semakin sering. Pada awalnya situs ini diurus oleh beberapa kontributor saja namun saat ini setiap orang dapat berkontribusi untuk menjadi penulis di situs ini dengan menulis artikel yang berkaitan dengan web development, web design, desain grafis , belajar php , html , belajar jquery, dan lain-lain.

Situs ini juga pernah merilis ebook belajar PHP yang telah diunduh sebanyak lebih dari 250.000 kali berjudul Menyelam dan Menaklukan Samudra PHP.

Jagocoding

Jagocoding

Jagocoding merupakan website yang berisi tutorial pemrograman yang berbasis social network. Jagocoding mengusung tema learn and share, dimana kita dapat belajar sekaligus berbagi ilmu yang telah kita miliki kepada pengguna lain. Pengguna Jagocoding tersebar mulai dari mereka yang ingin belajar pemrograman komputer dari dasar, menengah, maupun tingkat yang lebih tinggi. Menjadi anggota Jagocoding tidak dipungut biaya, artinya kita dapat belajar maupun berbagi gratis selamanya di Jagocoding.com.

Jagocoding memang tidak mengkhususkan diri di bidang web maupun php, namun kita dapat menemukan tutorial-tutorial yang sangat bermanfaat untuk belajar php disitus ini.

phpacademy

phpacademy

Jika anda merupakan orang yang lebih mudah menyerap informasi dengan menonton video, maka phpacademy merupakan pilihan utama. Anda dapat mengunjungi situs utamanya di phpacademy.org atau di channel youtube.com/user/phpacademy.

Phpacademy saat ini memiliki koleksi video tutorial yang banyaknya ratusan. Tentunya ratusan video ini akan dapat menyita waktu anda cukup banyak. Meski memfokuskan diri pada pemrograman PHP, anda juga dapat menemukan video tutorial CSS, JQuery, JavaScript, serta MySQL. Video-video tutorial phpacademy menggunakan Bahasa Inggris.

Udemy

Udemy

Udemy saat ini memiliki 64 video belajar PHP mulai dari php dasar, php berorientasi objek, php dan mysql, sampai ke framework-framework terbaru. Untuk dapat menikmati video-video belajar PHP tersebut, kita hanya perlu mendaftar di situs Udemy.com dan memilih yang terdapat di daftar video belajar PHP yang tersedia tanpa dipungut biaya melalui tautan ini. Sebagian besar video di Udemy menggunakan bahasa Inggris.

Codecademy

Codecademy

Di situs codecademy.com, kita dapat belajar PHP dasar mulai dari pengenalan sintaks, struktur percabangan, pengulangan, array, fungsi, sampai object oriented PHP secara interaktif.

Kode-kode PHP yang kita tuliskan dibagian kode, akan muncul hasilnya secara otomatis dibagian preview. Fitur ini membantu kita untuk belajar sintaks PHP lebih cepat dengan hanya bermodalkan koneksi internet dan peramban web.

Codecademy

UPDATE

Duniailkom

duniailkom

Duniailkom adalah situs untuk Belajar Ilmu Komputer. Duniailkom didedikasikan bagi anda yang ingin memperlajari tentang dunia ilmu komputer. Sesuai namanya, situs ini tidak hanya memberikan tutorial tentang PHP saja tapi juga HTML, CSS, JavaScript, serta MySQL. Pada bulan November 2014, Duniailkom dikunjungi oleh lebih dari 3.000 pengunjung setiap harinya.

Belajar PHP Interaktif di CodePolitan

belajar php interaktif

Sekarang Kamu sudah bisa mempelajari bahasa pemrograman PHP dasar lebih mudah dan interaktif di kanal Interactive Coding CodePolitan. CodePolitan telah menyediakan satu fitur khusus supaya Kamu yang baru mengenal pemrograman dapat mempelajari PHP mulai dari konsep dasar, sintaks hingga algoritma dasar dengan urutan belajar yang sistematis. Selain itu Kamu juga dapat langsung mencoba kode program di halaman tutorial interaktifnya, sehingga tidak perlu menginstal terlebih dahulu PHP di komputermu. Dan dengan adanya skenario yang dapat langsung dipraktekkan, diharapkan para pengguna dapat lebih memahami konsep dengan lebih cepat dan mudah.

Penutup

Demikianlah situs-situs yang akan membantu anda belajar PHP. Mudah-mudahan bermanfaat dan jika anda mengetahui situs lain yang dapat membantu untuk belajar PHP, jangan sungkan untuk berbagi  melalui form komentar di bawah.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post