waktu tersisa untuk klaim promo DISKON 40%. Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

7 Alasan Kenapa Programmer Harus Mulai Bermain Game

Ditulis oleh ayu amaliyah, dipublikasi pada 22 Jul 2019 dalam kategori Info
7 Alasan Kenapa Programmer Harus Mulai Bermain Game - CodePolitan.com

Seorang programmer dituntut untuk memiliki beberapa kemampuan dalam bekerja. Untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrograman, kita harus memiliki kemampuan untuk meyelesaikan masalah, terutama dalam membuat dan mengoreksi berbagai sintak error dalam pemrograman yang telah dibuat.

Beberapa alasan mengapa programmer harus bermain game:

1. Meningkatkan Daya Ingat

Temen-temen mungkin belum banyak mengetahui apa manfaat ketika seseorang bermain game? Ada banyak manfaat dari bermain game yang bisa kita dapatkan. Contohnya untuk menambah daya ingat, mengasah logika dengan membantu seseorang memecahkan puzzle yang ada di dalam game.

Video game adalah salah satu media untuk belajar, bagaimana seseorang dapat memecahkan trik yang ada didalam game tersebut. Teman-teman juga perlu mengingat intruksi yang ada saat mulai bermain, karena di bagian awal biasanya akan ada panduan yang berkaitan dengan level selanjutnya.

Lalu apa kaitannya dengan programmer? Tentu saja ada. Dengan bermain game temen-temen dapat melatih logika untuk berpikir secara runut serta dan melatih daya ingat. Dengan banyaknya puzzle-puzzle yang ada, kita bisa berlatih yang mesti di pecahkan untuk mulai membuat suatu program.

2. Menumbuhkan ide-ide Baru

Teman-teman pasti sudah tahu susahnya bermain game yang levelnya tinggi, dimana suatu game membuat para pemain game harus berfikir lebih dalam untuk menaklukkan permainan game tersebut. Pemain yang sudah sering bermain game biasanya tahu strategi tersimpel untuk bisa menaklukkan level yang tingkat kesulitannya tinggi.

Kebiasaan menyusun strategi saat bermain gamebisa menumbuhkan ide-ide yang di luar dugaan ketika mencoba menyelesaikan suatu permasalahan saat ngoding.

3. Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Sebagai seorang programmer dituntut untuk mengembangkan keterampilannya seiring berjalannya waktu. Setiap video game memiliki aturan yang memandu pemain memutuskan langkah apa yang perlu diikuti selanjutnya. Proses pengambilan keputusan pun melibatkan pikiran pada sudut yang berbeda, termasuk persepsi, memori, dan waktu reaksi.

Kita dapat menerapkan keterampilan ke pemrograman ini, dimana kita diminta untuk mengembangkan solusi perangkat lunak yang akan memecahkan masalah di dunia nyata, seperti didalam video game. Kita tidak dapat beralih kelangkah selanjutnya jika solusi yang kita buat tidak menyelesaikan masalah di level saat ini.

4. Meningkatkan Keterampilan Multitasking

Sebagian besar video game akan memaksa teman-teman untuk melakukan multitasking. teman-teman akan diminta untuk memperhatikan aspek yang berbeda dari permainan pada waktu tertentu. Misalnya, jika permainan melibatkan pertempuran, pemain harus terus memantau dan serentak menyerang musuh. Tanpa keterampilan multitasking yang sangat baik, seseorang kemungkinan besar akan mudah untuk kalah.

Programmer juga akan menuntut keterampilan multitasking yang baik untuk menciptakan solusi bagi masalah di dunia nyata. Programmer harus cepat tanggap apapun yang terjadi dan harus dapat menulis kode secara bersamaan dalam memeriksa kesalahan.

5. Meningkatkan Kosentrasi Dan Perhatian

Banyak video game yang penuh aksi membutuhkan tingkat kosentrasi dan perhatian tingkat tinggi. ketika seseorang kehilangan kosentrasi sedikit pun itu akan mengakibatkan hal yang fatal.

Pemain yang tetap penuh kosentrasi selama sesi permainan memiliki peluang lebih tinggi untuk menang. kasus yang sama untuk pemrograman, pemrograman mengharuskan kita untuk tetap berkonsentrasi dalam penulisan kode dan menentukan kesalahan pemrograman untuk menghasilkan perangkat lunak yang baik sesuai dengan kebutuhan pengguna.

6. Membina Dan Membantu Membentuk Keterampilan Sosial

Ada beberapa permainan tertentu yang menggunakan beberapa fitur multi, pemainnya membutuhkan upaya tim untuk memenangkan permainan. Fitur ini memungkinkan pemain yang berbeda untuk melawan satu sama lain secara bersamaan.

Setelah menghabiskan beberapa jam didepan komputer teman-teman, teman-teman akan meningkatkan keterampilan sosial dengan sifat interaktif kita. kita juga dapat membuat grup sosial baru dengan orang-orang yang paham teknologi, yang dapat kita tanyakan tentang bahasa pemrograman, kapanpun kita membutuhkan bantuan.

7. Sumber Inspirasi Dan Pembelajaran

Video game tidak pernah bisa memberikan kita pembelajaran yang paling mendasar. Namun akan menginspirasi teman-teman untuk belajar dan menjadi lebih ingin tahu. Ketika teman-teman selalu ingin tahu, maka secara tidak langsung teman-teman selalu ingin belajar memecahkan suatu masalah.

Sama halnya dengan seorang programmer pada saat membuat program, temen-temen akan terinspirasi untuk selalu mencoba dan belajar menyelesaikan masalah dengan baik.

beyonder.asia

teknologi.id


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP