Akhir Petualangan SquirrelMail di Aplikasi cPanel dan WHM

Pembaca yang pernah memiliki akses cPanel di hosting pasti sering melihat logo tupai yang sedang memegang surat. Logo tersebut merupakan logo sebuah aplikasi webmail client yang terintegrasi dengan sistem cPanel sehingga kita bisa mengelola email di domain sendiri menggunakan antarmuka yang disediakan oleh SqruirrelMail. Namun, sejak cPanel & WHM versi 74, SquirrelMail sudah ditandai deprecated sebagai aplikasi webmail bawaan. Di versi 76, SquirrelMail sudah tidak disertakan di dalam installasi cPanel & WHM dan di versi 78 dukungan untuk semua SquirrelMail akan dihentikan.

SquirrelMail menjadi pilihan cPanel sebagai aplikasi webmail karena lebih dari satu dekade lalu merupakan aplikasi yang paling stabil dan memiliki fitur paling lengkap. Sangat sedikit aplikasi webmail yang mampu memberikan kestabilan dan fitur selengkap SquirrelMail. Jika SquirrelMail sebagus itu, lalu mengapa cPanel mendepaknya dari bundel aplikasi mereka?

Rupanya SquirrelMail diperbarui terakhir kali tanggal 30 Mei 2013 dengan rilis terakhir tanggal 12 Juli 2011. Selama tujuh tahun sejak saat itu sudah ada 4 versi PHP yang mencapai End of Life sehingga pengembang cPanel harus bekerjasama dengan komunitas untuk mengelola SquirrelMail. Sayangnya, masalah keamanan yang baru-baru ini muncul memaksa cPanel untuk menghentikan dukungan untuk SquirrelMail daripada menggunakan aplikasi yang sudah tidak lagi diurus.

Lalu, Apa Pengganti SquirrelMail?

Dengan membuang SquirrelMail, kini cPanel hanya memiliki opsi Horde dan Roundcube. Saat ini mereka juga sedang mencari opsi lain pengganti SquirrelMail. Pembaca juga bisa menyarankan alternatif lain lewat akun Twitter atau mengirimkan ide lewat Feature Request Site.

Apakah pembaca merupakan salah satu pengguna setia SquirrelMail di cPanel?

Sumber: cpanel

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post