Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Android Mengalahkan Windows Dalam OS Paling Populer Secara Global

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 10 Apr 2017 dalam kategori News
Android Mengalahkan Windows Dalam OS Paling Populer Secara Global - CodePolitan.com

Siapa yang tidak kenal dengan OS Windows yang setiap harinya dapat kita temui dengan mudah. Dapat kita rasakan bahwa OS Windows merupakan OS yang paling populer digunakan saat itu. Namun saat ini Microsoft perusahaan pembuat Windows harus mulai merasakan tantangan baru dengan hadirnya OS yang mulai menyaingi dirinya dalam penggunaan di dunia. Menurut hasil terbaru dari StatCounter. Operasi sistem Android milik Google telah melampaui Windows pertama kalinya dalam hal penggunaan internet secara global pada bulan maret 2017.

Pasar global untuk Android adalah 37.93% sedang untuk Windows 37.91%. Sekalipun kemenangan yang dicatat hanya berbeda tipis, namun hal ini menjadi tanda akan potensi Android kedepannya. Lagipula setiap orang yang memiliki handphone pasti menggunakan sebuah operating sistem.

Baca juga: Aplikasi CRUD Sederhana Menggunakan Android Studio dengan Database SQLite

statcounter

Pengunaan internet yang dihitung oleh StatCounter menggunakan kombinasi dengan berbagai hardware termasuk laptop, desktop, tablet dan smartphone. Aodhan Cullen CEO Statcounter melabelkan kemenangan Android sebagai kejadian teknologi penting yang menandakan akhir dari kepemimpinan microsoft sedunia yang telah mereka pegang sejak tahun 1980an.

statcounter

Baca juga: Versi Android Paling Populer Versi Google - November 2016

Mengikuti peringkat Android dan Windows, Apple dengan iOS dan MacOS masing-masing memiliki pangsa pasar global sebanyak 13.09% dan 5.17%. Bagaimanapun, satu hal yang paling mengagetkan dan mengherankan adalah pangsa pasar global operasi sistem berbasis Linux yang hanya 0.75%. Hal ini sangat rendah sekalipun kita memasukkannya kedalam OS yang tidak diketahui masih hanya berjumlah 3%.

statcounter

Benua Asia dan Afrika merupakan penyumbang terbesar dari dominasi Android yang mendunia. StatCounter menunjukkan bahwa kebanyakan orang Asia dan Afrika memiliki smartphone dibandingkan laptop. Hal ini diakibatkan oleh berbagai pabrik yang membanjiri negara seperti India dan China dengan Smartphone Android berbiaya rendah (murah).

Baca juga: World : 9 Dari 10 Orang Menggunakan Android, Apple iOS Mulai Kehilangan Popularitas

Windows tetap berhasil mempertahankan kepopulerannya di tempat kelahirannya USA dengan 38.03% mengalahkan iOS (28.34%) dan Android (19.97%). Berbicara tentang angka kemenangan Android di India, Android menang dengan miliki pangsa pasar 61.78% diikuti dengan windows 18.74%.

Jadi menurutmu apakah Android akan terus naik trend-nya? atau kamu punya pemikiran lain? Jangan lupa berikan thanks yaa :D

Sumber : Android Defeats Windows To Become World’s Most Popular OS, Records Highest OS Market Share For March 2017


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP