Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Apple Resmi Membuka Kode Dibalik Bahasa Pemrograman Swift

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 12 Jun 2015 dalam kategori News
Apple Resmi Membuka Kode Dibalik Bahasa Pemrograman Swift - CodePolitan.com

Bahasa pemrograman Swift merupakan bahasa pemrograman yang diperkenalkan oleh Apple di acara Worldwide Developer Conference tahun 2014. Swift dibuat oleh Apple untuk menggantikan Objective-C, bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi atau game diproduk besutan Apple. Pada awalnya Swift hanya dapat digunakan di OS X. Namun kini diversi 2.0, Apple memutuskan untuk membuka kode sumber Swift sehingga dapat digunakan di sistem operasi lain selain OS X.

[caption id="attachment_4573" align="aligncenter" width="600"]Demo Swift di MacBook (sumber: developer.apple.com) Demo Swift di MacBook (sumber: developer.apple.com)[/caption]

Satu tahun setelah dirilis, Apple kembali melalui Worldwide Developer Conference mengumumkan bahwa mereka akan meng-open source-kan bahasa pemrograman Swift. Belum banyak informasi yang diberikan Apple mengenai pembukaan kode Swift. Meskipun begitu melalui posting di developer.apple.com, Apple memberikan lima informasi sebagai berikut:

  • Source code Swift akan dirilis dibawah lisensi OSI-approved permissive.
  • Komunitas dapat berkontribusi untuk pengembangan Swift.
  • Saat dirilis, Swift akan mendukung OS X, iOS, dan Linux.
  • Kode sumber yang dibuka termasuk compiler dan standard library.
  • Swift akan mendukung platform lain selain ketiga platform di atas.

Apple sepertinya mengikuti jejak Microsoft yang sebelumnya juga telah merilis .NET sebagai proyek open source. Dengan mengambil langkah ini, Apple berharap Swift dapat menjadi bahasa pemrograman besar selanjutnya seperti dikatakan oleh Craig Federighi yang dikutip melalui bloomberg.com,

"We think Swift is going to be the next big programming language."

Bagaimana menurut pembaca? Apakah langkah yang ditempuh oleh Apple ini akan dapat membesarkan Swift? Berikan pendapat pembaca melalui kolom komentar.

(bas/linux/apple/opensource/bloomberg)



background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP