Ariya Hidayat Menghentikan Pengembangan PhanthomJS

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 07 Mar 2018 dalam kategori News
Ariya Hidayat Menghentikan Pengembangan PhanthomJS - CodePolitan.com

Sebuah kabar mengejutkan datang dari seorang developer senior asal Indonesia yang saat ini bekerja dan tinggal di california, seorang kreator dari PhantomJS dan esprima.

Kabar tersebut menyebutkan bahwa 2 hari yang lalu kreator Phantomjs tersebut mengumumkan secara resmi menghentikan pengembangan PhantomJS di github.


Sumber : github

Kabar ini pastinya sangat mengejutkan bagi para pengguna setia PhantomJS. Apakah gerangan yang menyebabkan dihentikannya pengembangan PhantomJS?

Cerita Di Balik Penghentian Pengembangan PhantomJS

Selidik demi selidik, penulis menemukan kemungkinan asal muasal mengapa hal mengagetkan ini bisa terjadi. berawal dari surat terbuka yang dibuat oleh akun github pixiuPL yang mengaku sebagai kontributor dalam project PhantomJS.

pixiuPL menyampaikan keluhannya kepada ariya hidayat yang menurutnya beliau sudah lama tidak meng-update projectnya. Keluhannya ditumpahkan pada surat terbukanya yang disampaikan kepada kreator PhantomJS Ariya hidayat.


Kamu bisa membaca surat terbukanya disini

Selain surat terbuka, pixiuPL juga mengumumkan surat terbukanya di github yang berakhir dengan diskusi yang panas antara pixiuPL dengan pengguna github lainnya yang mencoba melihat masalah ini dengan objektif.

Tentu saja sang kreator memberikan tanggapanya terhadap diskusi tersebut. para pembaca codepolitan bisa melihatnya di sini

Merupakan sebuah hal yang lumrah dari pengumuman yang disampaikan menuai berbagai macam tanggapan dari para developer. Ariya hidayat sendiri menyampaikan bahwa PhantomJS version 2.1.1 akan menjadi versi stabil yang terakhir kali dikeluarkan sampai informasi selanjutnya.

Namun perlu kita ketahui bahwa sebuah project open source bukanlah sebuah project yang dibebankan kepada para kreatornya saja namun project open source membutuhkan sebuah dukungan dari banyak developer lainnya. Tidak perlu menilai siapa yang salah siapa yang benar tentu ada hikmah dibalik semua kejadian.

Nilai open source lahir dari kebersamaan, dengan impian sama-sama maju dan berkembang menjadikan diri sebagai sebuah solusi dibanding menuntut orang lain untuk menyelesaikan masalahnya merupakan hal inti dari gerakan komunitas open source.

Kita semua berharap semoga developer Indonesia termotivasi untuk selalu memiliki nilai dimana saling berbagi ilmu, membantu dan membangun sesama komunitas developer untuk kemajuan diri sendiri dan Indonesia.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.