Belajar Kotlin Kapan Saja Dimana Saja dengan Kotlin Koans Android

Jika pembaca seperti saya yang ingin segera belajar Kotlin, pembaca pasti pernah mengakses situs Try Kotlin. Situs ini disediakan oleh Jetbrains bagi mereka yang ingin belajar Kotlin dengan cara mengerjakan soal-soal pemrograman yang telah disusun topik per topik.

Kelebihan Try Kotlin adalah kita tidak perlu repot memasang Kotlin disistem atau mengkonfigurasi IDE manual untuk mendukung Kotlin. Cukup bermodalkan peramban web modern (Firefox, Chrome, Safari, Edge, atau Opera) kita sudah bisa belajar Kotlin. Kekurangannya? Kita hanya bisa belajar saat ada di depan laptop.

Kotlin Koans Android

Beruntung bagi pembaca yang memiliki perangkat Android, kita bisa memasang aplikasi Kotlin Kōans - Learn Kotlin with coding challenges agar dapat belajar bahasa pemrograman Kotlin kapan saja dan di mana saja tanpa harus berada di depan laptop. Dengan perangkat Android merk apa saja dengan sistem operasi minimal Android 5.0 atau Lollipop, kita bisa memasang aplikasi ini.

Kotlin Koans untuk Android ini dibuat oleh Vicky Chijwani dan dirilis secara gratis. Bahkan, kita bisa melihat source code aplikasinya langsung di Github yang juga ditulis dengan bahasa Kotlin itu sendiri.

Antarmuka Sederhana

Kotlin Koans untuk Android memiliki antarmuka yang cukup mudah dipahami.

Apabila hamburger icon disentuh, maka akan muncul daftar soal yang harus diselesaikan. Soal-soal ini dikelompokkan berdasarkan topik. Kita tidak perlu menyelesaikan soal-soal ini secara berurutan.

Pada kondisi normal akan ada tiga tab yaitu Challenge yang berisi soal, TASK.KT .KT tempat menulis jawaban, dan TEST.KT yang berisi kode untuk menguji jawaban kita.

Dibagian bawah terdapat tombol Play untuk menguji jawaban dan memperoleh umpan balik. Apabila jawaban benar maka akan muncul pesan testOK dengan warna teks hijau. Jika jawaban salah, maka akan muncul pesan pesan yang memberitahukan di mana letak kesalahan dengan warna teks merah.

Kunci Jawaban

Saat sudah benar-benar mentok, ada fitur hints yang menunjukkan kode kunci jawaban.

Tidak ada batasan untuk melihat kunci jawaban. Kita bisa saja melihat kunci untuk tiap soal. Tetapi, cari tahu dulu ya sebelum melihat kunci jawabannya ;).

Wajib Terhubung Internet

Kotlin Koans tidak mengeksekusi jawaban kita langsung di perangkat. Jawaban yang kita tulis akan dikirimkan ke server Try Kotlin untuk mendapatkan umpan balik. Oleh karena itu perangkat kita wajib terhubung ke jaringan internet saat akan menguji jawaban.

Editor Cukup Nyaman

Editor yang ada di Kotlin Koans tidak selengkap editor atau IDE lainnya. Baru ada tiga fitur yang dimiliki yaitu auto pair brackets untuk menutup tanda kurung secara otomatis, auto indent untuk indentasi otomatis, dan opsi untuk mengatur jumlah spasi untuk indent. Namun, ketiga fitur tadi sudah mencukupi untuk menulis jawaban yang diperlukan.

Penutup

Dengan aplikasi ini kita sekarang dapat belajar Kotlin sambil menunggu di kendaraan (bukan sambil mengemudi ya), sambil menunggu antrean, atau sambil menunggu rebusan mie matang.

Unduh Kotlin Koans untuk Android sekarang di Google Play store gratis.

CodePolitan Developer School

Saat ini CodePolitan mengadakan program pelatihan belajar coding intensif merupakan Solusi belajar pemrograman Basic Android yang berorientasi pada kebutuhan industri selama satu minggu secara tatap muka dengan bimbingan mentor berpengalaman yang dilengkapi dengan fasilitas asrama selama belajar.

Benefit apa yang bisa kamu dapatkan dari CodePolitan Developer School?

  • Belajar Intensif selama seminggu dan dibimbing mentor berpengalaman
  • Program Karantina untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  • Kurikulum belajar disusun sesuai dengan kebutuhan industri
  • Modul belajar dari Google Android Developer Fundamentals
  • Konsultasi Belajar dengan mentor setelah program
  • Mendapatkan kemampuan basic sebagai pondasi menjadi Android Developer

Yuk gabung dengan CodePolitan Developer School buat aplikasi Androidmu dalam 1 minggu dan mulai karirmu sebagai Android Developer dengan mendapatkan semua manfaat di atas :)

Baca juga artikel Android menarik lainnya coder :

Dilihat 2930 kali

Is this helpful?

Share This Post