Belajar Metode XML RPC di Java

Pada tutorial ini, saya akan membahas salah satu teknik pembuatan aplikasi client - server yaitu, XML RPC. Kalau biasanya yang sering kita dengar teknik yang dipakai itu REST atau SOAP maka, kali ini saya akan coba beralih sedikit ke salah satu teknik yang cukup gampang penggunaannya untuk programmer pemula dalam hal pembuatan aplikasi berbasis client - server.

Apa itu XML RPC

Untuk saat ini penggunaan XML RPC memang sudah jarang ditemukan karena semakin terkenalnya REST dan SOAP. Namun, walaupun REST dan SOAP semakin terkenal tapi, penggunaan XML RPC masih ada beberapa perusahaan yang menggunakannya untuk melakukan komunikasi data antar aplikasi. Berdasarkan sumber http://www.xmlrpc.com/ menyebutkan bahwa XML RPC adalah

It's a spec and a set of implementations that allow software running on disparate operating systems, running in different environments to make procedure calls over the Internet. It's remote procedure calling using HTTP as the transport and XML as the encoding XML_RPC is designed to be as simple as possible, while allowing complex data structures to be transmitted, processed and returned.

 

Jadi, XML RPC adalah suatu teknik komunikasi data antar aplikasi yang menggunakan protokol HTTP dan prosedur yang memiliki nilai kembali (return value) yang bisa digunakan di berbeda platform. Sehingga bisa dikatakan bahwa XML RPC ini bisa menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang baru belajar tentang pembuatan aplikasi client - server. Selain itu, pesan yang dikirim melalui XML RPC ini adalah sebuah request HTTP-POST yang mana Body dari request ini adalah berbentuk XML. Parameter - parameter yang dikirim melalui XML RPC ini bisa berbentuk skalar, angka, string, tanggal, object, list, array dan lain sebagainya. Berikut ialah contoh sederhana format request menggunakan XML RPC.

Bisa Anda lihat diatas, untuk melakukan request ke server Anda perlu memanggil methodName atau nama method yang telah disediakan oleh server. Adapun yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan XML RPC ini ialah tag <methodName> dan tag <params>. Yang mana pada <methodName> ini merupakan nama prosedur yang akan dipanggil oleh si client ketika ingin melakukan request dan <params> merupakan parameter-parameter yang harus Anda kirimkan ketika melakukan request dan tipe datanya haruslah sesuai dengan format yang disediakan oleh si server.

Pembuatan Aplikasi Server

Untuk mempermudah pemahaman Anda pada tutorial ini, maka akan saya buatkan contoh aplikasi sederhananya. Adapun beberapa tools yang akan kita gunakan pada pembuatan aplikasi server ialah:

  1. IDE
    IDE merupakan teks editor yang memiliki banyak fitur untuk mempermudah pekerjaan seorang programmer dalam proses pembuatan aplikasi. Eclipse merupakan salah satu IDE yang cukup tua usianya dan compatible di berbagai platform. Bagi Anda yang belum memasang IDE Eclipse ini bisa Anda unduh di situs http://www.eclipse.org/
  2. JDK
    JDK atau Java Development Kit merupakan tool yang harus dan wajib Anda install pada tutorial ini karena, untuk menjalankan dan proses debugging Anda perlu menjalankannya pada JVM (Java Virtual Machine). Anda bisa mengunduhnya di situs https://www.oracle.com atau di sini.
  3. Library XML RPC
    Pada tutorial ini ada beberapa library tambahan yang harus Anda tambahkan kedalam project Anda nantinya dan Anda bisa mengunduh library nya yang sudah saya kumpul di sini.

Buat Project Aplikasi Server

Buka IDE Eclipse yang sudah di pasang di komputer Anda dan buat project baru dengan keterangan seperti pada gambar berikut.

1_1

Setelah itu pilih Finish.

Menambahkan Library XML RPC ke Project Aplikasi Server

Setelah selesai membuat project dan tampil layar kerja pada IDE Anda maka, langkah selanjutnya ialah menambahkan library XML RPC yang sudah Anda unduh tadi. Ekstrak file Library XML RPC yang sudah Anda unduh tadi dan letakkan di desktop agar lebih mudah melakukan pencariannya. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada IDE Eclipse, klik kanan project yang barusan Anda buat tadi kemudian, pilih Build Path dan pilih Configure Build Path.

    2_1

  2. Setelah itu, pilih Add External JARs dan masukkan semua file yang ada di dalam folder Library XML RPC yang sudah Anda ekstrak tadi.
    3_1

    4_1

  3. Untuk memastikan apakah Anda telah berhasil menambahkan library tadi di projek. Maka, bisa anda lihat seperti pada gambar berikut.
    5_1

Mulai Coding Aplikasi Server

Setelah Anda selesai melakukan langkah-langkah sebelumnya maka, langkah selanjutnya ialah memulai coding dari aplikasi server-nya. Pertama, buat terlebih dahulu 1 file Java dan beri nama Main.java.

6_1

Setelah itu ketikkan source code berikut pada file Main.java.

Dan buat 1 file Java lagi dengan nama Kalkulator.java dan ketikkan source code berikut.

Jadi, pada source code diatas ada 2 class yang kita pakai yakni class Main dan class Kalkulator. Yang mana pada class Kalkulator ada 4 method yang akan dipanggil oleh si Client nantinya dan akan mengembalikan nilai integer dari setiap masing-masing hasil pengoperasiannya. Silakan Anda jalankan source code diatas dan pada console outputnya akan seperti berikut.

7_1

Untuk memastikan apakah aplikasi Server yang barusan Anda buat ini berjalan atau tidak ialah caranya dengan membuka browser dan ketikkan url http://localhost:1717/RPC2 pada addressbar. Jika outputnya seperti gambar berikut maka, Anda telah berhasil membuat aplikasi server XML RPC.

8_1

Pembuatan Aplikasi Client

Pada Aplikasi Client, kita masih menggunakan tools yang sama pada Pembuatan Aplikasi Server. Pada Aplikasi Client, kita akan membuat contoh aplikasi kalkulator sederhana yang mana terdapat 4 menu utama yaitu, Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian.

Sedikit catatan, untuk lebih bagusnya dalam tutorial ini saya sarankan Anda untuk menggunakan 2 komputer agar cara kerja dari aplikasi ini lebih kelihatan. Walaupun sebenarnya Anda bisa juga menggunakan 1 komputer namun, dalam hal ini cara kerjanya kurang kelihatan karena antara server dan client berjalan pada 1 perangkat.

Pembuatan Project Aplikasi Client

Silakan buat project baru dengan nama dan keterangan seperti gambar berikut.

9_1

Setelah itu pilih Finish.

Menambahkan Library XML RPC pada Projek Aplikasi Client

Untuk menambahkan library XML RPC pada projek Aplikasi Client caranya sama seperti langkah sebelumnya. Klik kanan pada projek, kemudian pilih Build Path dan pilih Configure Build Path. Setelah itu, pilih Add External JARs dan masukkan file Library XML RPC.

10_1

11_1

12_1

Memulai Coding Aplikasi Client

Buat 1 file Java dengan nama Client.java dan ketikkan source code berikut.

Dapat Anda lihat bahwa kita ada melakukan request ke server pada blok switch - case yang mana variable penampung dari respon si server bertipe integer. Mengapa integer? Karena, pada server juga menggunakan integer jadi, harus disesuaikan agar client bisa menerima pesan respon dari si server. Silakan jalankan aplikasi client dan berikut output nya.

13_1

Gambar: Output di Aplikasi Client

14_1

Gambar: Output di Aplikasi Server

Hasil Program

Berikut ialah video singkat hasil dari program pada tutorial ini.

Dilihat 2404 kali

Is this helpful?

Share This Post