Bootstrap 4 Versi Final Akhirnya Dirilis

Setelah kerja keras selama bertahun-tahun, Bootstrap 4 akhirnya secara resmi merilis versi final. Sejak versi beta terakhir, tim pengembang Bootstrap 4 sudah menstabilkan beberapa hal-hal yang kurang, memperbaiki dokumentasi, menambah sesuatu yang baru, juga merencanakan rilis berikutnya.

Tidak ada perubahan yang signifikan dari versi beta terakhir kecuali memperbaiki beberapa bug penting yang ditemukan.

Yang paling menarik adalah penambahan contoh yang jauh lebih menarik dibanding sebelum-sebelumnya.

Ada contoh yang benar-benar baru seperti Pricing, Checkout, dan Product, ada pula yang diperbarui dari contoh rilis sebelumnya seperti Blog, Dashboard, dan Offcanvas.

Approach

Dengan hal yang baru di Bootstrap 4 yang cara kerjanya agak berbeda, tim pengembang membuat halaman Approach yang menjelaskan prinsip dasar bagaimana kita melakukan sesuatu dengan Bootstrap 4. Diharapkan dengan adanya halaman ini developer dapat lebih terbantu menggunakannya. Halaman ini juga fokus pada bagian penulis CSS dengan membatasi pembahasan JavaScript sesedikit mungkin.

Penutup

Tak ada gading yang tak retak, termasuk Bootstrap 4 versi final ini. Meski sudah memperbaiki bug bug penting, masih ada beberapa bug lain yang belum terselesaikan. Namun, karena statusnya tidak begitu mengganggu maka penyelesaiannya diundur ke rilis berikutnya, entah di versi minor 4.1 atau versi patch 4.0.1.

Dengan dirilisnya versi final dari Bootstrap 4, maka kini saatnya untuk mulai migrasi dari Bootrap 3 ke versi yang baru. Apakah pembaca sudah melakukan migrasi sebelum versi Bootstrap 4 final resmi dirilis? Apakah masih akan tetap menggunakan Bootstrap 3 sementara ini? Berikan komentarmu di bawah ya :).

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post