Coding Mulai Merambah Dunia Anak, Bantu Membentuk Pola Pikir Kreatif

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 11 Nov 2016 dalam kategori News
Coding Mulai Merambah Dunia Anak, Bantu Membentuk Pola Pikir Kreatif - CodePolitan.com

Bermain game tentu adalah hal sangat menyenangkan, terutama untuk anak-anak. Dan tahukah kalau anak-anak tidak hanya dapat memainkan saja tetapi juga bisa membuat game mereka sendiri?

Minggu, 28 Agustus 2016 yang lalu yang bertempat di Sarinah, Thamrin berdatangan anak- anak dari berbagai kategori mulai SD sampai SMA sangat semangat dan antusias untuk dapat mengikuti lomba. Lomba yang mereka ikuti ini adalah “Lomba Cipta Game INDONESIA” yang bertemakan Sejarah dan Budaya Indonesia. Tujuannya agar dapat membuat anak-anak untuk lebih mencintai dan mengenal dari segi sejarah perjuangan maupun beragam budaya yang ada di Indonesia.

2

Baca juga: Lima Game Engine Pilihan Untuk Membuat Game Android

Clevio Coder Camp, yaitu kursus programming edu-game untuk anak-anak dari SD hingga SMP, SMA hingga Mahasiswa (Coding Teens), dan juga Ibu-Ibu (Coding Mums) yang tersedia di berbagai tempat, bekerjasama dengan Sarinah dan ANRI untuk membuat kegiatan positif yang dapat memberikan pengalaman kepada setiap peserta lomba dan juga inspirasi untuk pengunjung yang datang. Peserta lomba membuat game orisinil dengan menggunakan berbagai software game yang dapat mereka pakai. Peserta juga mendapat tour singkat untuk melihat-lihat barang atau kerajinan budaya Indonesia yang ada di Sarinah dan koleksi foto sejarah di pameran ANRI.

4

Selain itu peserta juga mendapat workshop untuk membuat game sederhana menggunakan Microsoft PowerPoint dan Microsoft Excel.

“Sangat seru, walaupun aku datang dari pagi tetapi aku masih sangat excited sampe sekarang sore ini.” – Hazel, 6 SD (Peserta)
“Suatu achievement yang luar biasa bagi Abang, sudah berani untu bertemu dengan orang asing dan Abang sangat antusias menceritakan gamenya. Itu adalah hal tidak mungkin terjadi 2 tahun yang lalu.” – Ibu Tyas (Orang Tua Denias, 6 Tahun)
9

Baca juga: Membuat Aplikasi Android Berbasis HTML5 dengan Cordova

Perlombaan cipta game berlangsung dari pukul 08:30 hingga 15:00, kemudian dilanjutkan pameran hasil karya game peserta dari pukul 15:00 hingga 17:00 dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. Pada pameran hasil karya game peserta, banyak sekali pengunjung yang terinspirasi oleh game yang mereka buat, terlebih terdapat anak-anak SD yang sudah mahir membuat game. Peserta dan pengunjung di Sarinah dibuat senang dengan adanya sacara “Lomba Cipta Game Indonesia”.

6


Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.