Donkey.Bas, PC Game Pertama di Dunia Diprogram oleh Bill Gates

Ditulis oleh Hadyan Palupi, dipublikasi pada 20 Jul 2016 dalam kategori Info
Donkey.Bas, PC Game Pertama di Dunia Diprogram oleh Bill Gates - CodePolitan.com

Jika kita melihat Bill Gates saat ini, seorang pengusaha dunia IT yang sukses besar. Sangatlah sulit dibayangkan pada awal berdirinya Microsoft dirinya sendirilah yang menjadi programmernya. Lahir pada 28 Oktober 1955, sang bos besar Microsoft itu sudah menulis programnya sendiri pada umur 13 tahun. Kisah terkenalnya dimulai saat usianya masih belia dirinya sudah berhasil menghack komputer sekolahnya untuk merubah jadwal sekolah dan memudahkannya untuk bertemu gadis pujaannya.

Pada tahun 1975, saat Bill Gates berumur 20 tahun, dirinya bertemu kembali dengan sahabat lama sekaligus teman sekampungnya yaitu Paul Allen dan berencana untuk membangun sebuah software mikro komputer untuk pertama kalinya. Mereka bekerjasama untuk menyesuaikan bahasa pemrograman BASIC agar bisa digunakan pada mikro komputer. Akibat kesuksesan projectnya, akhirnya dia berhenti kuliah di universitas havard dan membentuk Microsoft.

Baca juga: Visual Basic Kini Berumur 25 Tahun!

Dalam perjalanannya, Microsoft melisensikan Operating System MS-DOS untuk IBM, supplier komputer terbesar di dunia. faktanya sedikit yang mengetahui bahwa Bill Gates jugalah yang pertama kali membuat game PC untuk IBM. Ini adalah code dari game tersebut. Diberi nama DONKEY.BAS, game simple ini dibuat oleh Bill Gates dan temannya Neil Konzen pada jam 4 pagi. game tersebut diprogram sebagai prototype mesin IBM dan masuk dalam versi awal operating system MS-DOS dalam PC IBM secara gratis.

giphy

Bill Gates sendiri menceritakan kisah game tersebut saat TechEd keynote pada 2001, di sana ia mengatakan :

Sebenarnya, aku dan Neil Konzen lah yang membuat program untuk prototype PC IBM di sebuah ruangan kecil pada jam 4 pagi. Saat itu IBM bersikeras agar kita mengunci pintu padahal saat itu kami hanya memiliki kunci pada lemari saja. Kami harus melakukan development program disana yang selalu saja panasnya lebih dari 100 F (37 C), tapi kami tetap membangunnya hingga larut malam, sebuah aplikasi yang dibangun dengan bahasa BASIC kedalam PC IBM agar kami dapat memperlihatkan apa yang bisa dilakukan dengan komputer ini. Dan aplikasi itulah Donkey.bas. Pada saat itu merupakan waktu yang mendebarkan untuk kami berdua.

Versi pertama dari Donkey.bas dikeluarkan pada tahun 1981. Untuk menampilkan sesuatu yang baru Microsoft menciptakan game bernama Donkey.net menggunakan platform .Net dan bahasa pemrogramman Visual Basic .Net. Ini adalah game 3D yang dimainkan dengan cara memukul keledai-keledai.

donkey.net-bill-gates-game

Jika kamu ingin untuk mencoba game Donkey.bas, silakan klik disini sekarang. simulasi ini berjalan pada 64Kb RAM dan CGA display dan clock speed of 4.77MHz --konfigurasi awal yang digunakan untuk IBM PC model 5150. Untuk device saat ini pasti sangat mumpuni untuk mencobanya.

Sumber : http://fossbytes.com/donkey-bill-gates-world-first-computer-game-basic-online-pc/



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Ingin belajar coding lebih terstruktur? Gabung kelas online CodePolitan sekarang!