Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Dua Ebook Keren Buat Kamu Yang Mau Belajar Pemrograman Perl

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 10 Dec 2015 dalam kategori News
Dua Ebook Keren Buat Kamu Yang Mau Belajar Pemrograman Perl - CodePolitan.com

Perl merupakan bahasa pemrogaman yang dibuat oleh Larry Wall pada tahun 1987. Bahasa ini dibuat sebagai alat bantu bagi system administrator yang membutuhkan bahasa yang lebih baik dari shell script namun lebih mudah dari C. Kini Perl telah menjelma menjadi bahasa pemrograman yang general purpose, alias bahasa pemrograman yang dapat digunakan diberbagai bidang seperti graphics programming, system administration, network programming, finance programming, bioinformatics, dan bidang-bidang lainnya.

Tidak mudah mencari panduan belajar pemrograman Perl yang tersedia secara gratis, namun jika pembaca sedang mencarinya maka ada dua ebook keren yang tersedia gratis. Kedua ebook tersebut adalah Perl 6 Introduction dan Modern Perl Fourth Edition.

Perl 6 Introduction merupakan dokumen online yang tersedia untuk membantu pembacanya mengenal Perl 6 secara cepat. Dengan membaca dokumen ini, kita akan mengetahui dasar-dasar Perl 6 yang disertai dengan contoh. Buku ini dapat diakses di situs http://perl6intro.com dan tersedia di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Screenshot from 2015-12-10 20:54:10

Ebook yang kedua adalah Modern Perl Fourth Edition. Ebook setebal 278 halaman ini dapat kita unduh gratis lewat situs The Pragmatic Bookshelf. Buku ini sesungguhnya dijual seharga US$34, namun versi ebook-nya sengaja digratiskan.

Berbeda dengan Perl 6 Intro yang hanya bertujuan untuk mengenalkan Perl 6 dengan cepat kepada pembacanya, Modern Perl bertujuan untuk mengajarkan pembacanya bagaimana cara kerja Perl secara mendalam. Inilah satu-satunya buku yang membahas Perl hingga ke akar-akarnya, mulai dari filosofi hingga panduan praktis sehari-hari. Belajar pemrograman Perl lewat buku ini, pembaca akan disulap dari pemula menjadi hacker Perl sejati. Sayangnya, materi Modern Perl belum mendukung Perl 6.

swperl

Jadi, ebook mana yang harus dibaca? Jika pembaca ingin mengenal Perl 6, versi terbaru Perl secepat mungkin, Perl 6 Intro adalah bacaan paling oke yang dapat dipilih. Namun, jika pembaca benar-benar ingin mendalami jeroan Perl sampai paham, tidak ada alternatif yang lebih baik dari Modern Perl, meskipun buku ini ditujukan untuk Perl versi 5.22.

(bas/pragprog/wikipedia/perl6intro)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP