Enam Framework CSS Alternatif dengan Ukuran File Super Hemat

Ditulis oleh Lord Voldemort, dipublikasi pada 22 Jun 2016 dalam kategori Tools
Enam Framework CSS Alternatif dengan Ukuran File Super Hemat - CodePolitan.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan Bootstrap atau Foundation? Mereka yang menggeluti bidang web desain pasti mengenal setidaknya salah satu dari kedua framework CSS paling populer ini. Kedua framework CSS yang telah penulis sebutkan adalah framework yang super lengkap. Semua komponen telah tersedia dan siap dipakai. Namun, tidak semua fitur yang dimiliki oleh Bootstrap maupun Foundation terpakai saat kita mendesain sebuah halaman web. Dari pada fitur-fitur tersebut mubazir dan hanya menambah waktu muat halaman web yang kita buat, mengapa tidak menggunakan framework CSS yang lebih kecil dan lebih ringan saja?

Berikut ini enam framework CSS alternatif berukuran relatif lebih kecil yang dapat kita gunakan untuk membuat halaman web yang mewah namun hemat kuota.

Milligram

Milligram A minimalist CSS framework.

Framework yang pertama adalah Milligram. Framework ini didesain khusus untuk meningkatkan performa dan produktivitas dengan property yang lebih sedikit untuk menghasilkan kode yang lebih apik. Beberapa peramban terbaru seperti Chrome, Firefox, IE, Opera, dan Safari secara resmi didukung oleh Milligram. Meski tidak didesain secara khusus untuk mendukung peramban-peramban lama, beberapa versi masih dapat didukung oleh Milligram. Besar file yang hanya berukuran 2KB tidak membuat fitur Milligram dapat disepelekan. Tipografi, button, list, form, table, dan grid telah dimiliki oleh Milligram. Panduan menggunakan Milligram tersedia lewat dokumentasinya yang cukup lengkap. Penasaran? Langsung aja kunjungi milligram.github.io.

Pure

Pure

Seperti kebanyakan framework CSS yang dikembangkan dengan target utama mobile, Pure dikembangkan dengan mempertahankan ukuran yang kecil. Semua modul Pure (base, grid, form, button, tables, menu) berukuran kurang lebih 4kb. Jika hanya membutuhkan modul tertentu, kita bahkan dapat menghemat lebih banyak lagi.

Pure module

Pure merupakan framework CSS yang responsif yang dapat digunakan untuk berbagai jenis layout.  Layout blog, email, galeri foto, landing page, side menu, dan layout-layout lainnya dapat dicapai dengan mudah menggunakan Pure.

Layouts – Pure

Min

min

Min, sesuai dengan namanya diklaim sebagai framework CSS paling minimalis di dunia. Dengan besar file kurang dari 1KB (995 bytes), min memiliki fitur yang cukup lengkap seperti sistem grid 12 kolom, style default untuk button, table, navbar, heading, message, dan ikon-ikon yang kompatibel dengan Android. Dokumentasi selengkapnya dapat dilihat di situs resmi min.

Blaze CSS

BlazeCSS Open Source Modular CSS Framework

Blaze CSS memiliki fitur modular yang mirip dengan Pure. Meskipun telah memiliki ukuran yang kecil namun masih dapat diperkecil lagi jika kita hanya menggunakan modul-modul tertentu saja. Framework ini memiliki fitur yang cukup lengkap meskipun hanya berukuran kurang dari 7kb. Dokumentasi seputar Blaze dapat dibaca di situs resmi Blaze_css.

FOX CSS

FOX CSS A light CSS framework

Fox CSS dikembangkan oleh Ronan Levesque saat menyadari sebagian besar framework CSS yang telah ada tidak cocok dengan kebutuhannya. Oleh karena itu Ronan mengembangkan framework CSS sendiri yang memiliki fitur-fitur seperti mobile first approach, mendukung IE9 ke atas, HTML5 ready, modular, sistem grid yang efisien. Fox CSS dikembangkan menggunakan Sass. Informasi lebih lengkap seputar Fox CSS dapat dilihat di fox-css.com.

Picnic CSS

Picnic CSS

Picnic CSS merupakan framework CSS yang memiliki ukuran cukup mungil, kurang dari 10KB. Dengan ukuran yang mungil ini Picnic CSS masih memberikan tampilan yang sangat indah. Seperti framework-framework sebelumnya framework ini juga memiliki fitur modular yang memungkinkan kita memperoleh ukuran yang lebih kecil dari ukuran normalnya.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.