Evan You Perkenalkan VuePress, Static Site Generator Berbahan Dasar Vue

Ditulis oleh Takagi Fujimaru, dipublikasi pada 16 Apr 2018 dalam kategori News
Evan You Perkenalkan VuePress, Static Site Generator Berbahan Dasar Vue

Pembaca mungkin sudah akrab dengan Wordpress, CMS yang sangat populer untuk mebuat blog. CMS semacam Wordpress memiliki sistem yang sangat besar. Ia memiliki database sendiri, sistem tema sendiri, dan sistem plugin yang terpadu. Karena sistem yang besar, terkadang CMS semacam Wordpress terlalu "kompleks" untuk membuat website yang sekedar menampilkan halaman HTML. Tapi, untuk membuat website yang hanya terdiri dari halaman HTML saja secara manual tentu akan merepotkan dan memakan waktu. Disitulah static site generator (SSG) muncul sebagai solusi . SSG memiliki sebuah sistem dimana kita menulis konten di file yang khusus (biasanya dalam Markdown), kemudian ia akan men-generate file-file HTML-nya saja. Dengan SSG, kita memiliki web yang ringan (karena hanya terdiri dari file HTML saja), tanpa database.

VuePress merupakan salah satu SSG baru yang dirilis oleh Evan You, pengembang library Vue.js. Meski namanya mirip dengan Wordpress, tapi VuePress tidak berkompetisi langsung dengan CMS buatan Automaticc tersebut. VuePress ingin mempermudah developer yang sudah familiar dengan sistem Vue atau yang sudah memiliki aplikasi Vue untuk memiliki solusi blogging sederhana yang bisa melengkapi aplikasi yang sudah ada. VuePress mengendepankan kesederhanaan dengan pengaturan yang minimal dan struktur yang markdown-centered agar kita tinggal fokus pada konten saja.

Kecanggihan VuePress terletak di format Markdown-nya. Kita bisa memanggil Component atau menggunakan binding Vue didalam dokumen Markdown VuePress. Misalnya:

## Hello VuePress!

_How are you doing?_
> **I'm doing fine, thanks!**

_Great, I was wondering what `49 + 32` is?_
> ****

_Could you repeat that a few times?_

> **Sigh...**

dengan hasil:

VuePress bisa dipasang langsung menggunakan npm dengan perintah:

npm install -g vuepress

Untuk panduan lebih lanjut, silahkan kunjungi laman Github-nya atau lewat laman Guide yang sudah cukup lengkap.

Referensi: react-etc.net, vuepress.vuejs.org, alligator.io

Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.

Promo potongan 10% untuk bergabung dalam kelas online Menjadi Web Programmer