Diskusi Abdul Latip

Selesai
Abdul Latip
Ditanyakan pada: Variabel dan Tipe Data

Aturan menggunakan variabel

Halo semuanya..saya mau bertanya, apakah ada aturan dalam menggunakan variabel? misalnya saya membuat variabel x yang berisikan tipe data integer dan tipe data char.

2 Jawaban

Avatar
Muchammad Rizky Yudistira

setahun yang lalu

Hi Kak, Variabel sendiri dikhususkan untuk hanya 1 buah tipe data saja. Misalnya, Variabel X diisi dengan Tipe data integer, Variabel y diisi dengan tipe data char.

Jadi, kesimpulan nya adalah Tidak semua variabel memiliki karakteristik yang sama. Informasi yang dapat disimpan oleh variabel ditentukan berdasarkan jenis atau tipe data variabel tersebut.

Avatar
BroKoding

setahun yang lalu

Halo kak, sebenarnya hal ini bisa dilakukan yakni melalui implementasi object. Namun untuk pemrograman dasar, perlu diketahui dulu fundamental sebuah variable yakni tidak bisa memiliki nilai majemuk (kecuali array atau list atau semacamnya).

Seperti yang ditanyakan jika sebuah variable ingin diberi nilai sebuah data integer dan sebuah data char bersamaan maka tidak bisa. Sebagai intermezzo saja untuk object ini bisa dilakukan. Caranya dengan mendefinisikan sebuah object yang memiliki dua data didalamnya, yakni data yang pertama untuk memuat integer dan data kedua untuk memuat sebuah char. Analoginya seperti orang membawa 2 tas belanja, yang satu untuk memuat sayur dan satunya untuk memuat daging.