Promo #CODINGDIRUMAH DISKON 55%, Termurah Sepanjang Sejarah CODEPOLITAN. Klaim Promo

private $id; dan is_login

Ditanyakan 4 hari yang lalu oleh Arter Code

private $id; apa tujuan di beri ini ? apa bedanya dengan private function login misalnya

is_login

  1. untuk membatasi user yang tidak login untuk dialihkan ke halaman tertentu
  2. ini untuk set sessionkan ? $this->session->set_userdata($data);
    1. set_userdata hanya instruksi untuk mengeset session baru
    2. tapi untuk $is_login = $this->session->userdata('is_login'); napa gak ditulis $this->session('is_login'); langsung saja atau cuman aturan aja :)

pertanyaannya :

  1. apakah private $id dan is_login dibutuhkan berbarengan di 1 controller ? ini karena gak tau jelas perbedaan private $id dan is_login :)
  2. apabila session diset ulang, session lama akan ditimpa atau ditambahkan dengan session yang baru ?
  3. kalau tidak pakai is_login langsung pakai session aja bisa kan ? ya asal session ada atau 1 berarti dia sudah login, dan pasti password nya sudah di veryfy, dan setelah veryfy selesai berarti session pasti ada cuman isinya email dan password saja.
  4. dibagian is_login ada bagian $this->id = $this->session->userdata('id'); apa maksud baris coding ini $this->id? dan keliatannya is_login gak butuh id
BUAT KOMENTAR

1 JAWABAN / 1 KOMENTAR

User avatar
Ahmad Oriza menjawab 4 hari yang lalu
  1. Jelas beda ini. Dalam kasus tutorial ini ID untuk mengambil data user_id yang login kak. Dalam query kita butuh ID ini untuk mencari tahu siapakah yang lagi / current mengerjakan sesuatu. Ini juga yang menyebabkan data order jadi ditampilkan untuk masing masing user. Kenapa ditaruh di $this->id? ini lebih ke gaya programmer aja sih, boleh langsung pakai ini $this->session->userdata('id').

Kalau is_login adalah tiket, isinya tanda login user. Ini kita ini waktu login. Ya ibarat tiket, kalau ada tiket boleh ini itu, kalau tidak maka di lempar kehalaman login. Kan contohnya ada di halaman My Order. Halaman ini hanya boleh diakses oleh orang yang login saja.

  1. Jika key/indexnya sama maka diset ulang / ditimpa.
  2. Boleh, ini lebih ke gaya programmer nya. Mau cek pakai is login apa mau pakai session secara keseluruhan. Kelebihan kenapa yang di cek adalah is login, adalah lebih mudah dimengerti. Lebih manusiawi.
  3. Ini dalam kasus tutorial, kakak tutor menyimpan data user id nya ke $this->id. Boleh juga kalau mau panggil aja pakai $this->session->userdata('id').
Comment ..

1 berarti untuk private $id , ini CI yang melakukan pengambilan id secara automatis berdasarkan username dari login, karena belum tentu username menggunakan emailkan.

  1. karena tempatnya private$id paling atas diatas construct malahan dia pastinya dijalankan duluan kan ?
  2. apadia dijalankan sekali saja atau dijalankan ke semua method dibawahnya seperti aturan pada construct ?
  3. private$id ini coneksi codingnya kemana saja? kegunaan private$id apa ? apa pengaruhnya kalau dihapus , karena gak jelas hubunganya kemana dan hanya ada di bagian user saja bagian admin jg gak ada

ty soal private$id ini gak jelas sama sekali :)

Dikomentari 3 hari yang lalu oleh Arter Code
BUAT KOMENTAR