FLASH SALE GAJIAN SERU!!! waktu tersisa untuk klaim DISKON HINGGA 50%. KLAIM PROMO

haruskan memakai migrate?

Ditanyakan 2 bulan yang lalu oleh Tomi Candra Edit  Hapus  Tandai Selesai  Tandai 

apakah dalam laravel mifrate sebuah keharusan? adakah perbedaan dengan cara hardcore langsung ke db misal apabila dalam 1 tim kita memakai server database yang sama pastinya kita bisa melakukan perubahan langsung di db tersebut. trims

BUAT KOMENTAR

2 JAWABAN / 0 KOMENTAR

User avatar

Migrate bukanlah keharusan. Kamu bisa saja menulis sendiri struktur database secara manual dan langsung menghubungkannya dengan model yang kamu miliki.

Keuntungan menggunakan migration adalah sebagai berikut

  1. Perubahan tercatat di dalam version control. Ketika kamu membuat migration akan ada sebuah file khusus yang mendefinisikan perubahan yang kamu lakukan, baik itu membuat tabel baru, menambah kolom baru, mengubah nama kolom, sampai dengan menghapus kolom.
  2. Karena perubahannya tercatat di sistem laravel, programmer lain tidak perlu melakukan ekspor impor file sql dari programmer lainnya. Dari file-file migration yang ada, dia bisa menyusun sendiri struktur table yang pasti akan persis sama.
  3. Bisa melakukan rollback. Kalau kita melakukan migrasi database dan ternyata hasilnya tidak sesuai, bisa melakukan rollback yang secara otomatis diarahkan ke posisi sebelumnya. Bayangkan kalau mengubah struktur database secara manual.

Kalau aplikasinya masih kecil, mungkin keuntungan menggunakan migration tidak begitu kerasa, tapi kalau sudah semakin besar, proses developmentnya terus aktif, programmernya ada beberapa untuk kolaborasi, baru lah terasa keuntungan menggunakan migration.

BUAT KOMENTAR
User avatar
Verry menjawab 2 bulan yang lalu Jadikan Jawaban Terbaik  Edit  Hapus  Ubah ke Komentar 

Tidak harus mas, tergantung kita pribadi atau tim sukaknya gimana. Umumnya dalam mendesain/membuat database hingga insert data dummy kita biasanya menggunakan metode database first artinya dibuat melalui aplikasi lain(misalnya phpMyadmin, heidi, adminer, dkk). Nah di laravel sendiri menyediakan fitur dalam membuat database menggunakan metode code first yaitu migration dan seeder untuk insert data dummy. Artinya kita hanya perlu membuat desain database dan insert data dummy langsung di kode kita tanpa perlu menggunakan aplikasi lain. Ini akan sangat membantu bagi yang senang melakukan sesuatu based on command line (pengguna linux misal) dibandingkan based on gui .

BUAT KOMENTAR