Dapatkan potongan 25% untuk pembelian kelas online selama Ramadhan. Lihat Detail Promo
Generic placeholder image

perbedaan bootstrap,jquery dan javascript

Ditanyakan pada tanggal 27 February 2019 oleh Adind

apa perbedaan bootstrap, jquery dan javascript?, kegunaannya javascript dipake di bootstrap buat apa?, apa jquery bisa dipake di boostrap juga?

BUAT KOMENTAR

2 JAWABAN / 0 KOMENTAR

Generic placeholder image
Hermansyah menjawab pada tanggal 27 February 2019

sepengetahuan saya, jquery dan boostrap sejenis framework yang membantu dalam membangun website. Bootstrap dirancang agar dapat responsive. Di dalam bootstrap sudah include code html, css, dan javascriptnya. Jquery itu semacam framework khusus untuk javascript. di dalam jqury sudah dibentuk beberapa fungsi umum sehingga tidak perlu menulis keseluruhan code javascript. javascript itu adalah bahasa pemrograman yang berjalan dibrowser. dengan menggunakan javascript, website yang dibuat dalam berjalan jadi lebih dinamis.

karna bootstrap dan jquery adalah framework, keduanya bisa di pakai secara bersamaan

CMIIW

BUAT KOMENTAR
Generic placeholder image
Ahmad Oriza menjawab pada tanggal 28 February 2019

Untuk pemula memang sedikit membingungkan. Saya coba jelaskan 1 1

  1. Bootstrap

Ini gampangnya adalah kumpulan script CSS dan JS siap pakai. Daripada kita bangun dari 0, kita bisa manfaatkan bootstrap buat tampilan website kita. Misal kita mau bikin button, form, atau table, kalau pakai bootstrap tinggal naruh class/id udh jadi langsung. Kalau bikin pakai CSS dari 0 kan lama.

  1. Jquery

Ini adalah Library JS. Jquery sebenernya isinya javascript juga. Kode javascript yang ada di jquery adalah bikinin orang juga. Dikumpulkan sehingga dapat meringankan tugas kita buat mengolah tampilan DOM pada browser. Dalam dunia nyata dalam pemrograman kita tidak dapat membangun semuanya dari 0. Misal nih, pernah lihat slider banner di website2 gak? nah itu biasanya kerjaan Jquery, banyak yang pakai jquery buat bikin itu. Bikin dari 0 butuh algoritma yang kuat dan pengalaman di javascript.

  1. Javascript

Yang ini udah tau lah ya, Js ya bahasa pemrograman yang disupport pada browser. Gunanya banyak, buat membuat animasi, ambil data, ngolah tampilan, sampai mengakses DOM pada browser. Dengan adanya JS website kita bisa lebih hidup. HTML dan CSS aja gak cukup.

Next.

Kegunaannya javascript dipake di bootstrap buat apa?

Js itu salah satu komponen paket bootstrap juga. Seperti saya bilang bootstrap itu adalah kumpulan kode snippet HTML, CSS dan JS yang siap kita pakai. Bootstrap = HTML, CSS, JS analoginya seperti Milkshake = Water, Milk, Sugar

Js dibutuhkan pada komponen bootstrap buat ngebantu bikin komponen seperti Slider, Modal (PopUp), accordion, dan banyak lagi.

Apa jquery bisa dipake di boostrap juga?

Justru Jquery menjadi dependensi Boostrap. Kalau gak ada jquery, javascriptnya bootstrap gak akan jalan. Komponen seperti Slider, Modal (PopUp), accordion, atau yang sifatnya animasi pada bootstrap butuh Jquery. Karena apa? script js pada boostrap ternyata dibangun diatas Jquery juga.

Daripada bingung menghafal istilah dan silsilahnya, mending sambil dicobain Bootstrapnya. Entah insyallah ngerti sendiri kalau udh banyak praktek

BUAT KOMENTAR