Generic placeholder image

Otomasi Flow Order :)

Ditanyakan pada tanggal 8 March 2019 oleh Dzaki Fadhlurrohman

Pagi mas, gini saya punya studi kasus seperti ini, misalkan kita mau buat online course kaya CP terus nanti kalo dia udah ngisi form pendaftaran, ada notifikasi pembayaran ke email (plus email template) dan whatsapp, nnti disitu ada data detail transaksi dia nah nanti kalo uangnya udah di tranfer (bisa ngecek manual, ya syukur2 bisa otomatis) nnti kalo udah selesai kita ngirim email selamat anda terlah resmi bergabung dengan kami

Pertanyaan

  1. Apakah itu sebuah case yang rumit untuk dibuat dengan codeigniter
  2. Saran keywords buat saya eksplore
  3. Kalo di WP kan ada plugin, siapa tau kalo kita built platform from scratch ada library / framework dkk gitu untuk system yg seperti itu?
  4. Mungkin ada saran secara umum, jika saya ingin membuat flow yg seperti itu, mengngat saya seorang diri untuk membuat hal tersebut

Yang terakhir terimakasih :)

1 JAWABAN

Generic placeholder image
Ahmad Oriza menjawab pada tanggal 8 March 2019

Flow ini adalah flow order pada umumnya sih. Bisa diterapkan untuk toko online, pendaftaran siswa baru, ataupun enroll kursus online. Termasuk flow/proses bisnis yang paling tua, karena dari dulu sudah ada, dan masih exist. Oleh karenanya tutorialnya dapat banyak dijumpai di jagat internet.

  1. Apakah itu sebuah case yang rumit untuk dibuat dengan codeigniter

Saya rasa termasuk case yang mudah, di pelajaran web fullstack weekend CP saya jadikan case ini sebagai tugas akhir. Materinya lebih membumi. Selama gak terkait algoritma yang njelimet sih masih mudah aja.

  1. Saran keywords buat saya eksplore

Coba beberapa keyword ini : membuat toko online dengan PHP, membuat toko online dengan Codeigniter

  1. Kalo di WP kan ada plugin, siapa tau kalo kita built platform from scratch ada library / framework dkk gitu untuk system yg seperti itu?

Yup di WP udh ada plugin buat e-commerce, cuman terlalu bloated buat pemula. Yang dijadikan plugin WP udh terlalu banyak fiturnya. Kalau niatnya belajar koding mending simpan dulu WP nya :) . Coba koding from scratch pakai PHP native / framework.

  1. Mungkin ada saran secara umum, jika saya ingin membuat flow yg seperti itu, mengngat saya seorang diri untuk membuat hal tersebut

Coba pahami dulu flow sistemnya, kalau saya lihat cuma gitu gitu aja dari dulu.

Flownya user daftar -> user pesan -> pesanan masuk ke tabel order -> verifikasi pembayaran -> tandai status order -> pengaktifan layanan.

Kalau ngomong lebih teknis pakai 3 tabel pun cukup (tabel user, tabel produk, tabel order). Tinggal di bagian tampilan aja dipercantik.

Coba lihat kodingan yang orang lain bikin dulu buat menambah referensi. Tapi jangan kodingan product yang kompleks. Cari tutorial toko online sederhana yang memang tujuannya buat edukasi.

Dulu saya waktu pertama bikin sistem2 kaya gitu modal dari tutorial di buku dan online juga sih. Malah saya dulu salah, belajar dulu studi kasus baru belajar teori PHP itu sendiri. Karena saya orangnya ingin belajar yang langsung ada hasilnya.

Comment ..

Oke makasih buat sarannya mas oriza :)

Dikomentari pada tanggal 8 March 2019 oleh Dzaki Fadhlurrohman