Perbedaan Web Designer dan Front End Developer

Ditanyakan pada tanggal 14 August 2019 oleh Prasetyo Adi Wibowo

apa perbedaan front end developer dengen web designer?

BUAT KOMENTAR

1 JAWABAN / 0 KOMENTAR

Generic placeholder image
Ahmad Oriza menjawab 2 hari yang lalu

Hmm jauh sekali bedanya.

Web designer bertugas mendesain tampilan UI/UX dengan output vektor ataupun gambar. Biasanya yang mengerjakan adalah profesional lulusan DKV/Multimedia atau orang yang memang terbiasa mendesain. Software yang digunakan biasanya Ilustrator, Photoshop, Corel, dsb. Tampilan ini masih belum berupa website.

Sedangkan ..

Front end developer bertugas mengkonversi bentuk desain dari web designer menjadi sebuah template website. Proses konversi dari desain menjadi template website biasa disebut dengan slicing. Hasil kerja front end developer sudah dalam bentuk website namun belum memiliki sistem. Biasanya yang mengerjakan adalah orang IT atau orang yang terbiasa dengan HTML, CSS, JS.

Jaman sekarang front end developer juga biasanya mengerjakan API / Flow data dalam template, terutama untuk sistem website yang menganut microservices / api based. Biasanya mereka bermain dengan teknik AJAX dsb. Dan membutuhkan pengetahuan Javascript yang lebih mendalam.

Sedikit menambahkan ..

Karena bentuk website dari front end developer masih berupa tampilan. Maka selanjutnya akan diteruskan oleh back end developer untuk mengembangkan sistemnya, misal sistem login, database, administrasi, statistik, dsb.

BUAT KOMENTAR