Diskusi DAFFA FAHRIZAL

Selesai
DAFFA FAHRIZAL
Ditanyakan pada: Memulai dan Membuat Repository di Github

SSH

fungsi sebenarnya dari SSH apa ya? posisi saya sudah dapet key, sudah pasang SSH key juga di Setting=>account

tapi apakah konfigurasinya sudah selesai sampai situ saja? atau masih ada lagi untuk mengamankan repository

2 Jawaban

Avatar
Faisal Hanafi

setahun yang lalu

SSH itu digunakan untuk mengamankan koneksi jaringan dan membentuk sesi shell aman antara dua komputer. Dalam konteks GitHub, SSH digunakan untuk mengotentikasi akses ke repository kakak secara aman, yang memungkinkan kakak untuk mengakses repository kakak dari mesin lokal kakak tanpa harus memasukkan kredensial kakak setiap kali kakak melakukan operasi git seperti pull, push, dll.

Mengaktifkan SSH pada akun GitHub dan mengatur SSH key adalah langkah awal untuk mengamankan koneksi ke repository kakak. Setelah kakak berhasil menambahkan SSH key ke akun GitHub kakak, kakak dapat menggunakannya untuk mengakses repository kakak melalui protokol SSH. Namun, ada beberapa langkah tambahan yang dapat kakak lakukan untuk meningkatkan keamanan repository kakak, seperti Mengaktifkan verifikasi dua faktor (2FA),Mengatur hak akses dan Menggunakan HTTPS.

Dengan melakukan tindakan-tindakan di atas, kakak dapat meningkatkan keamanan repository kakak. Namun, penting juga untuk memperbarui SSH key secara teratur dan memastikan hanya menginstal dan menggunakan aplikasi SSH dari sumber tepercaya.

Avatar
Muchammad Rizky Yudistira

setahun yang lalu

Hi Kak, simpel nya ssh itu fungsinya untuk memudahkan user untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Penjelasan lebih detail nya ada di artikel berikut : https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ssh/?gclid=EAIaIQobChMIqtaur_z6_QIVCZ1LBR2NlgqCEAAYASAAEgJC4PD_BwE

Semoga Membantu