Diskusi Rizki Hibatuloh

Rizki Hibatuloh
Ditanyakan pada: Studi Kasus Membuet Tabel Pricing Part 1

web asset icon

hallo kak,izin bertanya. Boleh tau ngga untuk mendapatkan asset seperti icon dll itu dimana saja ya kak websitenya?

3 Jawaban

Avatar
Muhammad Fakhry Burhanuddin

10 bulan yang lalu

Untuk mendapatkan asset bisa lihat website berikut:

  1. https://www.freepik.com/
  2. https://iconscout.com/
  3. https://www.vectorstock.com/
Avatar
BroKoding

10 bulan yang lalu

Halo kak, untuk icon-icon sendiri bisa menggunakan file statis seperti png, jpg, svg dll ataupun menggunakan icon dari library. Ada beberapa referensi yang bisa dicoba :

  1. FontAwesome
  2. IonIcons
  3. Material Icons
  4. Feather Icons
  5. SVGRepo
  6. Iconmonstr
Avatar
Agustinus Pardamean Lumban Tobing

10 bulan yang lalu

Tentu, untuk mendapatkan berbagai jenis asset seperti ikon, gambar, font, dan file-file lainnya untuk digunakan dalam pengembangan web, Anda memiliki beberapa opsi:

  1. Unduh dari Internet: Anda dapat mencari dan mengunduh berbagai jenis asset seperti ikon dan gambar dari situs web yang menyediakan koleksi gratis atau berbayar. Contoh situs web populer yang menyediakan ikon gratis adalah FontAwesome, Material Icons, dan Iconmonstr.

  2. Gunakan CDN (Content Delivery Network): Banyak ikon dan library populer dapat diakses melalui CDN. Misalnya, Anda dapat menggunakan FontAwesome dengan menyertakan tautan ke FontAwesome CDN di halaman HTML Anda. Contoh:

    <link rel="stylesheet" href="https://cdnjs.cloudflare.com/ajax/libs/font-awesome/6.0.0-beta3/css/all.min.css">
  3. Buat Sendiri: Anda juga dapat membuat ikon atau asset Anda sendiri menggunakan perangkat desain grafis seperti Adobe Illustrator atau aplikasi desain online seperti Canva. Ini memungkinkan Anda untuk membuat asset yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya proyek Anda.

  4. Beli dari Marketplace: Untuk asset premium atau kustom, Anda dapat mengunjungi marketplace seperti Envato Elements atau Creative Market, di mana Anda dapat membeli atau mendownload asset berkualitas tinggi untuk proyek Anda.

  5. Asset dari Tema atau Framework: Jika Anda menggunakan tema atau framework khusus seperti Bootstrap, Material UI, atau WordPress, seringkali mereka akan menyertakan ikon dan asset bawaan yang dapat Anda gunakan dalam proyek Anda. Anda dapat menemukan dokumentasi yang menjelaskan cara mengakses dan menggunakan asset ini.

  6. Sumber Terbuka (Open Source): Beberapa proyek open source memiliki koleksi asset yang dapat digunakan secara bebas. Pastikan untuk memeriksa lisensi dan ketentuan penggunaan yang berlaku.

  7. Kreasi Sendiri dengan CSS atau SVG: Anda juga dapat membuat ikon sederhana menggunakan CSS atau SVG (Scalable Vector Graphics) langsung dalam kode HTML atau CSS. Ini dapat berguna jika Anda memerlukan ikon sederhana yang dapat disesuaikan dengan gaya proyek Anda.

Pilihan asset yang Anda pilih akan tergantung pada kebutuhan dan sumber daya proyek Anda. Pastikan untuk mematuhi lisensi penggunaan jika Anda menggunakan asset yang tidak Anda buat sendiri atau yang tidak gratis sepenuhnya.