Google Data Studio Meningkatkan Interaktivitasnya

Ditulis oleh Muhamad Nopriyansyah, dipublikasi pada 16 Jul 2019 dalam kategori Info
Google Data Studio Meningkatkan Interaktivitasnya - CodePolitan.com

Data Studio adalah komponen gratis dari Google Data Studio 360, yang tersedia sebagai produk berbayar untuk visualisasi dan pelaporan data dengan lisensi mulai dari 200 pengguna. Data Studio Ini dapat digunakan untuk terhubung ke semua data pengguna dengan integrasi asli di berbagai produk Google, maupun data non-Google. Versi kedua ini dapat digunakan untuk membuat laporan dari data dari AdWords, Google Analytics, YouTube, BigQuery, Attribution 360, dan Google Sheets.Pihak Google telah memperbarui alat analisis Data Studio dengan beranda baru yang dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan informasi dan laporan.


Desain ulang halaman beranda Data Studio dimulai dengan menambahkan bilah pencarian untuk membuat tampilan dan rasa lebih mirip dengan produk G Suite lainnya. Ada juga tombol Buat baru yang dapat digunakan untuk membuat laporan, mengatur sumber data, atau penjelajah data.

Versi baru dari Data Studio juga memiliki lebih banyak interaktivitas grafik. Yang artinya kemampuan untuk berinteraksi dengan bagan untuk memfilter bagan lain jika ditambahkan awal tahun ini, namun sekarang telah ditingkatkan lebih lanjut dengan kemampuan untuk menyortir bagan secara langsung sambil melihat bagan daripada perlu mengedit laporan serta dapat menggunakan perincian ke tingkat detail yang lebih banyak dari isi bagan.


Hal tersebut sangat berguna untuk pengembang, Google telah menambahkan dukungan untuk BigQuery engine bernama BI Engine. Google mengatakan bahwa dengan menggunakan BI Engine kita dapat menganalisis data yang disimpan di BigQuery dengan waktu respons kueri dalam detik dan dengan konkurensi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh pengembang.

Sumber : i-programmer



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.