ID Android Tech Talk #6 : Google Service, Gradle, Agnosthings, and Jakarta Smart City APIs

Ditulis oleh Muhammad Singgih ZA, dipublikasi pada 25 Jun 2016 dalam kategori News
ID Android Tech Talk #6 : Google Service, Gradle, Agnosthings, and Jakarta Smart City APIs - CodePolitan.com

Kamis, 23 Juni 2016 kemarin ID Android beserta Dicoding, Codepolitan dan dukungan penuh dari XL Axiata sukses menyelenggarakan event TechTalk tentang Optimasi dan Customisasi Aplikasi android dengan Google API(Place, Location, Maps), Gradle dan juga Agnosthing ke 350 Developer yang terdaftar di Dicoding event.

Kebetulan kemarin juga saya berperang sebagai MC berlangsungnya acara sejak awal sampai akhir acara (17.00 – 21.00). Ya acaranya cukup panjang memang, karena sesi berbuka puasa sejak adzan maghrib dan juga kondisi cuaca yang diluar perkiraan hujan badai cukup deras.

Awalnya peserta yang hadir sekitar 50 orang saja pada saat pembukaan, namun tetap optimis ini karena hujan yang menyebabkan keterlambatan kehadiran peserta, dan betul setelah hujan reda tepat pada sesi istirahat berbuka puasa Peserta berbondong bondong hadir dan memadati venue (Marquee Lounge Lt 17 Cyber 2 Tower) seperti yang bisa dilihat pada foto berikut :

[caption id="attachment_10631" align="aligncenter" width="700"]Peserta ID-Android Tech Talk #6 setelah berbuka puasa Peserta ID-Android Tech Talk #6 setelah berbuka puasa[/caption]

Agak lucu memang, ketika peserta datang mereka meminta maaf dan meminta izin kepada kami untuk tetap dapat ikut serta mengikuti acara. Secara pribadi saya sangat bangga sekali akan sopan santun dari Developer kita ini #standingApplause.

Acara tetap dilaksanakan sesuai agenda pukul 17.00, dan dimulai dengan sambutan dari bapak Arya Bimo Arifiandi selaku Manajer IOT Product Innovation dari XL Axiata.

[caption id="attachment_10632" align="aligncenter" width="700"]Peyampaian tujuan dukungan  Xl Axiata untuk IOT dan Mobile Dev Peyampaian tujuan dukungan  Xl Axiata untuk IOT dan Mobile Dev[/caption]

Dalam pembukaan pertama selama 7 menit, Bapak Bimo menyampaikan bahwasanya XL Axiata mendukung perkembangan Developer Mobile di Indonesia dan juga IoT dengan Agnosthing platform yang XL Axiata sediakan sebagai platform IoT yang terbuka bagi siapa saja.

Selanjutnya, pembukaan disambung oleh Mas Sidiq Permana (Google Dev Expert dan Intel Innovator) yang dalam intinya sangat berterima kasih kepada rekan rekan developer yang bersemangat sekali mengikuti acara ID-Android yang didukung XL Axiata ini, juga berharap keterlibatannya agar semakin maraknya developer android yang berkualitas dari Indonesia.

Penuturan Mas Sidiq disambung dengan Mas Narenda Wicaksono (Dicoding) yang menitikberatkan kepada kolaborasi antara developer mobile khususnya android dengan platform Agnosthing dari XL Axiata dengan begitu dapat tercipta kondisi yang kondusif dan berkembang bersama terutama dalam negeri sendiri.

Selanjutnya mungkin bukan masuk kategori pembukaan, namun berupa pengantar bagi peserta mengenal lebih jauh Platform Agnosthing yang disampaikan oleh Bapak Wiriya (Agnosthing Partner Development Xl Axiata). Beliau menyampaikan betapa pentingnya kontribusi rekan rekan mobile developer bagi perkembangan IoT negeri ini, dan XL Axiata menyediakan platform tersebut dengan cuma cuman dan juga rekan rekan bisa ikut mengembangkan Platform Agnosthing tersebut di Github Agnosthing ( link). Saat presentasi pun Pak Wiriya memamerkan beberapa produk IoT buatannya dan tentu telah menggunakan platform Agnosthing.

[caption id="attachment_10641" align="aligncenter" width="700"]Produk buatan Wiriya dengan Platform Agnosthing Produk buatan Wiriya dengan Platform Agnosthing[/caption]

Lalu, setelah perkenalan Agnosthing disambung dengan pemateri untuk sesi pertama yang sebetulnya dalam agenda adalah mengenai Google APIs Maps dan sebagainya yang disampaikan mas Ibnu Sina, namun karena kondisi cuaca beliapun pun masih terhambat di perjalanan. Alhasil pemateri pertama di isi oleh Mas Andrew Kurniadi (CEO Appsindo Technologi & Google Developer Expert).

[caption id="attachment_10637" align="aligncenter" width="700"]Andrew Kurniadi mengenai GCM/FCM & Google Identity) Andrew Kurniadi mengenai GCM/FCM & Google Identity)[/caption]

Dalam pematerian yang beliau sampaikan, Google Cloud Messaging (GCM) yang biasanya digunakan oleh Andorid developer sebagai andalan untuk push message ke aplikasi yang menggunakan Google API, setelah Google I/O lalu diumumkan telah diperbaharui menjadi Firebase Cloud Messaging (FCM).

Beliau menyampaikan bahwa Google begitu antusias dengan Firebase services, alhasil perusahaan tersebut Google beli (semudah itu) dan menjadikannya layanan dalam lingkarang Google API.

Kelak kedepannya, bagi android developer disarankan untuk mengganti GCM yang terpasang di aplikasi mobile kita menjadi FCM, bukan hanya karena teknologi baru saja namun juga fasilitas yang lebih nyaman dan mudah. Lalu kelebihan lainnya dari FCM bisa rekan rekan cek sendiri ok.

Namun, ketika adzan maghrib maka pematerian dari mas Andrew dijeda untuk berbuka puasa dan sholat maghrib sampai pukul 18.45. Karena acara ini didukung penuh oleh XL Axiata, tentu makanan yang tersedia tidak main main dan itu membuat rekan rekan peserta Tech Talk puas apalagi sehabis menembus hujan badai jakarta untuk hadir di acara.

Well, setelah itu acara berlangsung kembali dan pematerian dari mas Andrew dialnjut kembali selama 10 menit. Beliau menunjukkan demo secara langsung penggunaan FCM dan perintah perintah baru untuk penggunaan beberapa fitur unggulan FCM.

Pemateri untuk Sesi ke-2 berikut nya dilanjutkan oleh Mas Ibnu Sina Wardi ( CEO GITS Indonesia & Google Dev Expert). Dalam materi yang beliau sampaikan mengenai Google APIs seperti pemanfaat Maps, Places, Location yang sering kita gunakan sehari hari sebagai kebutuhan utama baik untuk memesan ojek, memantau kemacetan jalan dan sebagainya.

[caption id="attachment_10638" align="aligncenter" width="700"]Ibnu Sina Google APIs Ibnu Sina Google APIs[/caption]

Beliau menyampaikan kepada rekan-rekan developer agar terus mengikuti perkembangan Google APIs dan peluangnya yang bagus apalagi dengan menggunakan layanan Google Play services. Karena dalam versi Android M dan N dalam meminta akses sudah tidak lagi sebebas generasi Android sebelumnya, beberapa hal diberikan hak penuh kepada user untuk memilih baik itu mengirim SMS, mengecek lokasi dan lainnya karena setiap request perlu di approve oleh user.

Materi berikutnya disambung ke Sesi ke-3 oleh Mas Anton Nurdin Tuhadiansyah (Senior Enginer Xendit). Dalam sesi beliau menyampakan mengenai apa itu Gradle dan juga pemahaman lebih mendalam mengenai Gradle itu sendiri. Gradle (build automaton) merupakan kebutuhan utama bagi kita saat develop aplikasi mobile di android studio yang secara langsung sikron dengan repository Google. Beliau menyampaikan update terbaru dari gradle yang bisa rekan-rekan manfaatkan dan juga menjadi peluang baik untuk memudahkan pengembangan.

Tiba di sesi terakhir, materi Sesi ke-4 oleh mas Prasetyo Andy Wicaksono (Head IT Jakarta Smart City) atau disapa Paw. Dalam sesi ini beliau menyampaikan mengenai perkembangan Jakarta Smart City juga kontribusi dari beberapa partner yang tergabung untuk menyelesaikan permasalahan yang rumit di kota jakarta. Beliau juga menyampaikan bahwa mimpi jakarta menajdi kota yang “ngangenin”, bukan karena macet panas dan padatnya namun menjadi ramah, nyaman dan maju baik fasilitas dan teknologi bagi penghuninya.

[caption id="attachment_10642" align="aligncenter" width="700"]Prasetyo Andy Wicaksono Jakarta Smart City Prasetyo Andy Wicaksono Jakarta Smart City[/caption]

Disini Mas Paw mengajak rekan rekan pula untuk ikut serta menyelesaikan permasalahan di jakarta melalui API Jakarta Smart City yang terbuka. Beberapa partner yang tergabung seperti Appaja, Qlue dan banyak lainnya yang bersama sama menuntaskan permasalahan Jakarta.

Akhirnya, tiba di penghujung acara. Tentu disini saya Codepolitan, Dicoding, ID-Android dan juga XL Axiata sangat berterima kasih atas antusiasme rekan rekan yang hadir dari awal sampe akhir acara dan mengikuti setiap sesi dengan baik (meskipun beberapa seperti mengantuk karena kekenyangan setelah berbuka puasa dan kelelahan menembus hujan badai jakarta). Berikut ini beberapa foto Selfie Pemateri dan juga seluruh peserta di Lounge :

[caption id="attachment_10645" align="aligncenter" width="700"]Foto bersama para pemateri seusai acara Foto bersama para pemateri seusai acara[/caption]

[caption id="attachment_10643" align="aligncenter" width="700"]IMG_20160623_205829 (Medium) Berikutnya foto narsis saya sendiri dengan latar rusuhnya rekan rekan untuk bertanya dan diskusi dengan pemateri[/caption]

Dan satu lagi, ternyata ada Pak Luri Darmawan dan juga pasukan dari PHPIndonesia hadir.

[caption id="attachment_10644" align="aligncenter" width="700"]Foto bersama dengan teman-teman PHP Indonesia Foto bersama dengan teman-teman PHP Indonesia[/caption]

Well, karena lampu sudah dimatikan dan gedung sudah mau di tutup (memang diluar rencana cukup larut selesainya). Seru sekali bisa hadir di depan rekan rekan dan memperoleh ilmu baru dengan ID Android dan Teknologi terbaru dari Google dan juga Agnosthing. Terima kasih banyak XL Axiata atas dukungannya dan membuat acara ini terlaksana dengan mewah.

Salam Coders, Codepolitan.

Sumber cover : http://blog.udacity.com/wp-content/uploads/2015/05/udacity_android-2_small.jpg



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.