Promo Member Baru 40%! Program Full Stack Membership! Hanya 3 Hari! Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Jessica McKellar, Penerima Frank Willison Memorial Award 2015

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 16 Aug 2015 dalam kategori News
Jessica McKellar, Penerima Frank Willison Memorial Award 2015 - CodePolitan.com

Jika pembaca merupakan seorang Pythonista, pembaca pasti mengenal nama Jessica McKellar. Wanita yang satu ini berkontribusi sangat besar bagi komunitas Python. Terutama dalam mengajak lebih banyak wanita untuk berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan komunitas Python. Atas kerja kerasnya, Jessicca menerima Frank Willison Award 2015 yang diserahkan pada kegiatan OSCON 2015 yang lalu di Portland.

Frank Willison Memorial Award merupakan penghargaan yang diberikan bagi individu yang memiliki kontribusi luar biasa bagi komunitas Python. Penghargaan ini diselenggarakan untuk mengenang Frank Willison, seorang penggemar Python dan editor-in-chief untuk O'Reilly yang meninggal pada bulan Juli 2001. Penerima penghargaan ini diseleksi oleh O'Reilly Media melalui konsultasi kepada Guido van Rossum dan delegasi dari Python Software Foundation. Sejak tahun 2002 telah dipilih 13 orang untuk menerima penghargaan ini. Para penerima akan memperoleh sertifikat dan tiket gratis untuk OSCON tahun depan.

Baca juga: Punya Skill Python? Yuk Kerja Remote

Berdasarkan informasi melalui situs python.org, Jessica McKellar memiliki kontribusi yang sangat besar bagi komunitas Python. Ia pernah menjadi Direktur Python Software Foundation, pengurus Boston Python User Group, pembicara diberbagai PyCon, pimpinan OpenHatch, PSF Fellow, dll.

[caption id="attachment_9560" align="aligncenter" width="350"]Jessica McKellar Jessica McKellar[/caption]

Salah satu kontribusi yang paling besar dan paling berpengaruh di komunitas Python adalah kerja kerasnya dalam menghadirkan lebih banyak wanita disetiap kegiatan PyCon. Pada tahun 2011, hanya ada 1% pembicara wanita yang memberikan presentasinya. Namun akhirnya, pada tahun 2014 dan 2015, terdapat 33% wanita yang memberikan presentasinya pada kegiatan PyCon. Besarnya angka pembicara wanita ini tidak akan terwujud jika tak ada Jessica McKellar yang telah mengirimkan ratusan programmer wanita satu persatu untuk mengajak mereka mengirimkan talk proposal di kegiatan PyCon. Tak sebatas mengajak, Jessica juga memberikan banyak mentoring selama proses seleksi proposal.

Jessica McKellar merupakan wanita kedua yang menerima penghargaan Frank Willison Memorial Award. Wanita pertama yang menerima penghargaan ini merupakan Anna Martelli Ravenscroft pada tahun 2013. Daftar penerima lengkap sejak tahun 2002 dapat dilihat melalui tautan berikut ini.

(bas/pyfound/python)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP