Kumpulan Framework untuk Membuat Game dengan HTML5, Bagian 2

Ditulis oleh Bagus Aji Santoso, dipublikasi pada 10 Mar 2015 dalam kategori Info
Kumpulan Framework untuk Membuat Game dengan HTML5, Bagian 2 - CodePolitan.com

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas kumpulan framework untuk membuat game dengan html5. Diartikel tersebut kita membahas tiga game engine yaitu EaselJS, Pixi, dan Phaser. Kali ini kita akan lanjutkan dengan empat game engine yaitu melonJS, Quintus, LimeJS, dan Panda.js.

melonJS

MelonJS adalah game engine HTML5 yang dibagikan secara gratis dengan lisensi MIT. MelonJS dibuat oleh para ahli JavaScript yang pada saat itu merasa belum ada pustaka yang dapat membuat game dengan mudah yang gratis sehingga mereka akhirnya memutuskan untuk mengembangkan melonJS. Meskipun masih dalam pengembangan namun melonJS telah memiliki deretan game-game menarik yang dibuat dengan game engine ini. Cek halaman gallery untuk melihat game-game tersebut.

[caption id="" align="alignnone" width="320"] Psiral, game yang dibuat dengan melonJS[/caption]

Karena masih dalam tahap pengembangan, kontribusi anda sangat dinantikan oleh pengembang melonJS. Kunjungi halaman github ini untuk ikut bersama memodifikasi maupun memperluas fitur-fitur yang ada. Berikut ini fitur-fitur yang terdapat di melonJS:

  • Engine sprite-based 2D yang ringan.
  • Pustaka yang berdiri sendiri (tidak bergantung pada pustaka lain selain browser yang mendukung HTML5).
  • Cocok dengan hampir semua browser standar seperti Google Chrome, Safari, Firefox, Opera, dan IE.
  • Mendukung multi-channel HTML5 audio dan Web Audio pada perangkat yang didukung
  • Implementasi physic yang ringan untuk meminimalisir kebutuhan cpu yang tinggi.
  • Algoritma pendeteksi tabrakan berbasis polygon (SAT) yang akurat dan responsif.
  • Pendeteksi tabrakan yang cepat menggunakan spatial partitioning.
  • API matematika canggih untuk Vector dan Matrix
  • Tween effect
  • Transition effect
  • Entitas objek dasar
  • Object Pooling
  • Basic Particle System
  • Basic animation management
  • Mendukung standard spritesheet dan  Packed Textures (Texture Packer)
  • Memiliki state manager (agar lebih mudah untuk mengubah state game dari loading, menu, game, dll.)
  • Mendukung perangkat Mouse dan Touch
  • dll.

Quintus

Quintus2

Quintus adalah game engine HTML5 yang didesain untuk modular dan ringan juga memiliki sintaks JavaScript yang bersahabat. Quintus dikatakan sebagai game engine yang jQuery-like karena Quintus mengambil beberapa konsep dari jQuery. Jika melihat sejarah dari Quintus, pada awalnya game engine ini dibuat sebagai bahan ajar pada buku Professional HTML5 Mobile Game Development. Meskipun kode awal dengan kode yang sekarang telah berbeda cukup jauh namun filosofi dan teknologi yang digunakan tidak berbeda.

Apabila anda mengunjungi situs resmi Quintus di html5quintus.com, maka kita akan langsung disuguhi demo beserta penjelasan dari kode game yang dibuat dengan Quintus. Demo ini terdiri atas 80 baris kode saja. Kita bahkan bisa memodifikasi kode gamenya secara langsung di browser.

Quintus

Anda bisa mendapatkan informasi terbaru seputar Quintus melalui halaman Google+ dan Github.

LimeJS

lime

LimeJS merupakan game engine yang telah ada sejak awal 2011. Hingga saat ini, LimeJS terus dikembangkan secara berkala. LimeJS berfokus untuk membuat game bagi perangkat berlayar sentuh dengan memberikan pengalaman seperti memainkan game native disemua perangkat berlayar sentuh dan browser modern. LimeJS dapat diunuh melalui github atau langsung mengunduh berkas .zip nya.

[caption id="attachment_3396" align="aligncenter" width="336"]limeJS Game yang dibuat dengan LimeJS[/caption]

Untuk pengguna baru disediakan panduan LimeJS Guide beserta dokumentasinya. LimeJS juga memiliki mailing list di googlegroups.

Panda.js

Panda.js merupakan pemain baru diranah game engine HTML5. Game engine ini pertama kali dikembangkan diawal 2014. Panda.js memiliki komunitas yang cukup lengkap seperti penggunaan Canvas/WebGL, engine particle, tweening, engine physics, timers, sound manager, module, dll.

 

[caption id="attachment_3397" align="aligncenter" width="319"]mainfeaturePanda Fitur utama Panda.js[/caption]

Panda.js telah digunakan sebagai game engine untuk game-game keren seperti Dev Story dan Block. Game-game lainnya dapat dilihat di Showcase Panda.js.

[caption id="" align="aligncenter" width="340"] Dev Story[/caption]

[caption id="attachment_3398" align="aligncenter" width="315"]blocksPanda Blocks, salah satu game yang dibuat dengan Panda.js[/caption]

Panda.js dapat diunduh melaui laman Download, dokumentasinya pun sudah cukup lengkap bahkan tersedia pula Cheatsheet (contoh pemakaian). Pengembang maupun pengguna Panda.js saling berkomunikasi melalui forum html5gamedev.net, jika tertarik kita juga bisa bergabung di forum tersebut.



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.