Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Lengkap Sudah C++17, Fitur Apa Saja Yang Akan Hadir?

Ditulis oleh zh, dipublikasi pada 30 Mar 2017 dalam kategori News
Lengkap Sudah C++17, Fitur Apa Saja Yang Akan Hadir? - CodePolitan.com

Standar C++17 sekarang telah lengkap, dan bahasa pemograman jadul ini diharapkan segera diluncurkan. Update besar ini ditujukkan untuk menjadikan bahasa C++ sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah dalam pengerjaannya yang membawa spesifikasi teknik yang powerful. Standar-standar barunya memperkenalkan fitur-fitur baru seperti bindings yang terstruktur dan penginisialisasi if (percabangan), membuat bahasa pemograman jadul ini sebagai fitur yang lengkap.

C++17 merupakan nama yang belum resmi untuk revisi lanjutan dari ISO/IEC yang menjadi standar bahasa pemograman C++. Spesifikasi C++17 telah sampai pada tahap draft standar internasioanl pada bulan maret tahun 2017, dan tidak diharapkan mengalami perubahan besar apapun sebelum publikasi standar akhir tahun ini kelak. ~Wikipedia

Jika kamu benar-benar tergantung dengan bahasa pemograman yang terbaru seperti Swift milik Apple, mungkin juga kamu bisa dengan mudah menyebutya C++ yang di-bloat. Untuk menghalau pertanyaan-pertanyaan demikian dan meningkatkan dukungan untuk perangkat lunak dengan sekala besar, C++17 diharapkan hadir tahun ini kelak.

C++ 17 telah menjadi rilis umum seperti halnya C++98 dan C++22. Anggota ISO C++ belakangan dikabarkan telah berbagi laporannya dari pertemuaan rutin dan menyebutkan bahwa c++17 telah selesai. Komunitas C++ menyebutnya C++17 merupakan awal dari era baru yang akan membawa spesifikasi teknik yang kuat. Fitur-fitur non C++17 akan dirilis kemudian sebagai add-on dalam rilis berikutnya.

Berikut daftar fitur-fitur penting yang segera hadir untuk C++:

  • C++17 berbasis C11
  • Alokasi memori yang dinamis untuk penyesuaian data berlebih
  • Penjaminan salinan elision
  • Jaminan proses kedepannya Forward process guarantees (FPG)
  • Binding yang terstruktur
  • if (init; condition) dan switch (init; condition)
  • constexpr if
  • Inline variables (variabel sejajar)
  • Versi yang lebih lemah dari order-of-evaluation yang telah ditetapkan
  • Pengurangan argumen template untuk template kelas (class)
  • Jenis std::byte tambahan

Coder bisa kunjungi GitHub dan memperoleh secara lebih jauh tentang perubahan-perubahan yang dibawa C++17.

Mungkin kebanyakan orang telah berharap lebih. Tapi, daftar fitur ini yang menyertakan pustaka-pustaka algoritma parallel dan ekspresi tertutup yang terlihat sangat impresif. Secara keseluruhan, C++17 merupakan pembaharuan yang signifikan yang menyertakan segudang fitur-fitur sederhana yang diharapkan membantu bahasa pemograman ini lebih dapat dipahami.

Referensi: FossBytes, WIki


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP