Meetup Pertama CodeSaya Setelah 3 Tahun Berdiri

Ditulis oleh Muhammad Singgih ZA, dipublikasi pada 26 Sep 2016 dalam kategori News
Meetup Pertama CodeSaya Setelah 3 Tahun Berdiri - CodePolitan.com

Sabtu lalu, tanggal 17 September 2016 telah terselenggara acara CodeSaya Meetup 1.0. Selama CodeSaya berdiri 3 tahun terakhir, inilah meetup pertama yang dilaksanakan.

Seperti penuturan dari Ganis Zulfa Santoso atau lebih dikenal dengan Ganis (CEO CodeSaya), ini merupakan acara yang sudah lama direncanakan, namun baru bisa terlaksana sekarang ini. Disamping itu dengan dukungan dari KUDO yang menyediakan fasilitas venue & logistik yang menyenangkan beserta beberapa partner lain seperti DailySocial dan Codepolitan, juga dukungan keluarga terdekat dan rekan-rekan CodeSaya akhirnya terlaksana meetup pertama ini.

[caption id="attachment_12748" align="aligncenter" width="700"]CodeSaya Meetup 1.0 CodeSaya Meetup 1.0[/caption]

Baca juga: Giveaway Beasiswa Belajar Menjadi Full Stack Developer Senilai 40 Juta + Jaminan Kerja

CodeSaya Meetup 1.0 ini terlaksana dalam waktu 2 jam. Peserta yang hadir cukup ramai, sekitar 20 orang yang hadir dari beberapa kalangan mulai mahasiswa, guru, bahkan founder startup dan yang ingin memulai startup pula.

Topik yang di angkat dalam meetup tersebut ada 3 :

Ganis (CEO CodeSaya) : Efficient Git Workflow

[caption id="attachment_12749" align="aligncenter" width="700"]Ganis Lightning Session Ganis Lightning Session[/caption]

Dalam sesi ini Ganis membahas tentang penggunaan Git secara optimal. Dari mulai penggunaan Single Branch sampe Multi-Branch (Branch-Dev, Branch-Master, Branch-Release). Ganis menyampaikan bahwa pentingnya kita memahami penggunaan dari Git sesuai kebutuhan apalagi dalam mengerjakan project dalam Tim.

Hutomo (IT Evangelist KUDO) : Building High Productivity Applications

[caption id="attachment_12750" align="aligncenter" width="700"]Hutomo Lightning Session Hutomo Lightning Session[/caption]

Dalam sesi ini, Hutomo menjelaskan mengenai kualitas koding yang baik dan efisien dalam pengembangan aplikasi. Dijelaskan mengenai beberapa kesalahan umum yang dilakukan saat koding, baik itu logika, cara koding dan juga penulisan panduan teknikal dan deskripsi dari suatu modul atau algoritma tertentu dalam koding.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Programmer Hebat yang Banyak Dicari

Singgih (Co Founder Codepolitan) : Necesarry Soft Skills For Developer

[caption id="attachment_12751" align="aligncenter" width="700"]Singgih Lightning Session Singgih Lightning Session[/caption]

Sesi ketiga ini topik yang diangkat mengenai softskill yang perlu dimiliki oleh programmer. Dalam era informasi sekarang ini kemampuan koding bukan hanya bisa, tapi perlu fasih, disamping itu untuk tetap menjalani karir sebagai programmer yang baik dalam perusahaan maupun startup sendiri tentu perlu kemampuan untuk berhubungan baik dengan tim dan juga atasan atau perusahaan. Disini saya menyampaikan beberapa poin yang perlu dimiliki oleh seorang programmer disamping kemampuan teknikal koding itu sendiri.

Berikut foto bersama seusai meetup:

[caption id="attachment_12755" align="aligncenter" width="700"]CodeSaya Meetup 1.0 peserta dan pemateri juga kru CodeSaya Meetup 1.0 peserta dan pemateri juga kru[/caption]

Begitulah pertemuan kami, sebetulnya mas Ganis begitu sibuk dengan kegiatan profesional nya sebagai researcher di perusahaan Korea Selatan. Dia dan keluarga pulang ke Indonesia di sela waktu liburannya. Dia memiliki mimpi yang sama dengan CodePOlitan, yakni membawakan konten pembelajaran koding yang berkualitas untuk programmer di Indonesia dan itulah yang membuat kami bersemangat bersama disini.

Pada meetup CodeSaya tersebut dihadiri oleh salah seorang founder startup yang bergerak dalam dunia programming lainnya, yaitu Hilman Ramadhan dari SekolahKoding. Berikut ini sesi foto bersama kami antara CodePolitan, CodeSaya dan SekolahKoding.

[caption id="attachment_12756" align="aligncenter" width="525"]Codepolitan, CodeSaya dan SekolahKoding Codepolitan, CodeSaya dan SekolahKoding[/caption]



Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.