waktu tersisa untuk klaim DISKON 40% dalam program Full Stack Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Membuat Aplikasi Android Lebih Mudah dengan Google App Inventor

Ditulis oleh zh, dipublikasi pada 22 May 2014 dalam kategori Tools
Membuat Aplikasi Android Lebih Mudah dengan Google App Inventor - CodePolitan.com

Siapa yang tidak kenal dengan Android? Si robot ijo, begitulah julukannya, yang sedang digandrungi masyarakat indonesia saat ini. Sudah banyak masyarakat indonesia beralih menggunakan Android untuk tujuan/kebutuhan tertentu. Mungkin sebagian dari kita (dibaca: programmer) memiliki alasan tersendiri mengapa memilih robot ijo, salah satunya adalah development. Menciptakan program-program unik dan bermanfaat bagi End User.

Apakah diantara pembaca ada yang gemar membuat program untuk robot ijo ini? Tools apa saja yang digunakan? Tentunya setiap programmer akan berbeda-beda memilah tools mana yang akan digunakan, tergantung selera dan kebutuhan plugin didalamnya. Ada yang menggunakan NetBeans, eclips, Android Studio, atau tools desktop lainnya. Mungkin bagi pemula yang akan mencoba membuat aplikasi untuk android harus melakukan survey terlebih dahulu, memilah mana yang paling nyaman digunakan. Tetapi lain halnya dengan tools yang satu ini, mari kita mengenal lebih jauh lagi.

App Inventor for Android atau Google App Inventor, itulah namanya, aplikasi berbasis web open source yang awalnya dikembangkan oleh Google, dan saat ini dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App Inventor memungkinkan pengguna baru untuk memprogram komputer untuk menciptakan aplikasi perangkat lunak bagi sistem operasi Android. App Inventor ini menggunakan antarmuka grafis, serupa dengan antarmuka pengguna pada Scratch, yang memungkinkan pengguna men-drag-and-drop objek visual untuk menciptakan aplikasi yang bisa dijalankan pada perangkat Android. Begitupun dengan coding, kita tidak perlu menulis kode program yang amat sangat panjang, cukup dengan men-drag-and-drop seperti halnya menyusun puzzle.

Berikut adalah penampakannya.

[caption id="attachment_269" align="aligncenter" width="1346"]App Inventor - Designer App Inventor - Designer[/caption]

 

[caption id="attachment_268" align="aligncenter" width="1349"]App Inventor - Blocks App Inventor - Blocks[/caption]

 

Jika dibandingkan dengan tools desktop yang sering digunakan, sering kita bolak-balik dari designer ke source begitupun sebaliknya. App inventor pun demikian, yang membedakan disini hanyalah blocks pengganti source. Bagi yang terbiasa mengetik sintaks manual, mungkin disini tidak diperlukan. 

Bagi yang ingin mencobanya silahkan kesini http://ai2.appinventor.mit.edu

Ingin lebih mengenal lagi tentang isinya silahkan kesini https://github.com/mit-cml/appinventor-sources atau langsung ke website resminya disini http://appinventor.mit.edu/appinventor-sources/

Selamat menikmati pengalaman baru buat para developer Android.

(zh/mit/appinventor)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP