Perbanyak Ibadah Dengan Aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia Lite

Ditulis oleh Kevin Kurniawan, dipublikasi pada 08 Jun 2016 dalam kategori Review KaryaLokal
Perbanyak Ibadah Dengan Aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia Lite - CodePolitan.com

Halo Devs semua. Untuk tulisan kali ini, Saya ingin mengulas sebuah aplikasi yang amat sangat bermanfaat bagi banyak pengguna di seluruh dunia yakni aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia Lite dari The Wali Studio. Yuk kita simak lebih lanjut tentang aplikasi yang sudah diunduh hampir 2jt kali ini.

Background Developer & Challenge

the wali studio

The Wali Studio merupakan studio game dan aplikasi yang identik dengan nuansa islami. Selain MyQuran, ada juga berbagai game dan aplikasi lainnya seperti Muslim Daily, Jadwal Sholat, Kalender Puasa, dan lain sebagainya. The Wali Studio juga melalui aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia Lite sudah menjuarai banyak challenge di Dicoding. Berikut adalah challenge yang sudah dimenangkan oleh The Wali Studio:

Background Aplikasi

My Quran-3

Aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia Lite merupakan aplikasi yang sudah sangat populer di Google Play. Apalagi mengingat sekarang sedang bulan Ramadhan, tentu aplikasi ini akan sangat berguna bagi para umat muslim yang ingin membaca Al Quran dengan mudah dan praktis.

Dengan MyQuran Al Quran Indonesia Lite, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari membaca Al Quran, melatih hafalan, hingga mengatur jadwal untuk mengkhatamkan Al Quran. Dengan usia aplikasi yang sudah hampir 4 tahun, ada banyak sekali fitur menarik yang bisa kita temukan di dalam MyQuran Al Quran Indonesia Lite loh Devs.

Review Aplikasi

My Quran-4

MyQuran Al Quran Indonesia Lite bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi Al Quran dengan fitur terlengkap. Yuk kita lihat satu-persatu fitur-fitur menarik dari aplikasi ini.

Yang pertama adalah fitur Hafalan. Dengan fitur ini, kita bisa menyimpan surat yang ingin kita hafalkan ke dalam halaman Hafalan. Kita bisa menyimpan secara spesifik surat beserta ayat yang ingin kita hafalkan. Misalkan ada ayat tertentu yang menarik dan ingin kita hafalkan, bisa disimpan di fitur ini sehingga mudah untuk dicari.

Yang kedua adalah fitur Khatam. Di fitur ini aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia Lite secara otomatis membagi seluruh surat dan ayat yang ada di dalam Al Quran ke dalam rentang jumlah hari tertentu. Tujuannya agar dalam waktu yang ditentukan, kita bisa menyelesaikan membaca 30 juz Al Quran.

Yang ketiga adalah Jadwal Sholat. Layaknya jadwal sholat pada umumnya, kita bisa mengetahui waktu untuk melaksanakan sholat lima waktu. Kita bisa mengatur penyesuaian jadwal sholat sesuai dengan lokasi kita saat ini secara otomatis maupun secara manual.

Yang keempat adalah Doa. Di dalam fitur ini, terdapat kumpulan doa sehari-hari yang bisa kita baca kandungannya di dalam Al Quran. Fitur ini akan menunjukan surat dan ayat yang terkait dengan topik yang kita pilih.

Yang kelima adalah Asma Ul Husna. Terkadang, salah satu kebiasaan setelah selesai membaca doa setelah sholat adalah mengumandangkan nama-nama Allah. Fitur ini akan sangat membantu kita untuk menghafalkan 99 Asma Ul Husna dengan mudah.

Yang keenam adalah Makhraj. Fitur ini akan membantu kita memperlancar dan memperbaiki bacaan Quran kita. Disediakan berbagai penyebutan dalam bentuk audio untuk membimbing kita membaca Al Quran dengan baik dan benar.

Selain enam fitur utama ini, masih banyak fitur lainnya yang menurut Saya sangat bagus dan menarik seperti pengaturan halaman Al Quran yang sangat mudah untuk dikostumisasi. Kita bisa mengatur apakah ingin menggunakan huruf latin, menampilkan terjemahan, hingga memberikan warna untuk tanda baca sehingga memudahkan kita.

Development Tools

[caption id="attachment_1112" align="aligncenter" width="640"]Cocos 2D X Cocos 2D X[/caption]

Walaupun MyQuran Al Quran Indonesia Lite merupakan aplikasi mobile, The Wali Studio memutuskan untuk mengembangkan aplikasi ini menggunakan game engine. Tools yang mereka gunakan adalah Cocos2dx. Development tools yang digunakan adalah Eclipse, XCode, atau Visual Studio bergantung dari ingin compile di platform apa.

Keputusan untuk menggunakan Cocos2dx dibandingkan native merupakan keputusan yang menarik karena akan membuat efisiensi dalam hal porting aplikasi ke berbagai platform. Selain itu dengan menggunakan Cocos2dx, aplikasi MyQuran Al Quran Indonesia Lite jadi memiliki animasi yang sangat kaya dan enak dipandang.

Lalu untuk kebutuhan visual, The Wali Studio menggunakan Adobe Photshop dan Adobe Ilustrator. Kedua perangkat lunak ini merupakan yang cukup populer di kalangan desainer untuk membuat desain.

Monetization

My Quran-5

Untuk monetization, MyQuran Al Quran Indonesia Lite menggunakan model Lite dan Full Feature. Ada beberapa fitur yang harus dibuka terlebih dahulu dengan cara membeli versi penuh dari aplikasi ini. Contoh fitur-fiturnya adalah jumlah hafalan jadi tidak terbatas, kemampuan untuk mengatur jumlah hari agar bisa khatam, dan lain-lain.

Model ini dianggap efektif oleh The Wali Studio mengingat dengan total hampir 2 juta download, sudah banyak yang membeli fitur lengkap dari MyQuran Al Quran Indonesia Lite. Sedikit tips dari The Wali Studio, agar bisa sukses mendapatkan keuntungan dari aplikasi, kita harus tidak pernah bosan memperbarui aplikasi kita. MyQuran Al Quran Indonesia Lite butuh waktu 4 tahun dan konstan diberikan update untuk bisa sesukses sekarang.

Kesimpulan

My Quran-7

MyQuran Al Quran Indonesia Lite adalah aplikasi pembaca Al Quran digital terlengkap yang ada di Indonesia. Fitur-fiturnya sangat banyak dan bermanfaat. Tak hanya itu, animasi di dalam aplikasi ini digarap dengan apik sehingga menambah user experience dalam menggunakan aplikasi ini.

Tentu fitur yang banyak memberikan tantangan tersendiri yakni learning curve bagi pengguna yang cukup lama untuk bisa menguasai aplikasi ini dan menggunakan fitur-fiturnya dengan baik. Tapi jika sudah terbiasa, akan terasa manfaat dari tiap fitur di aplikasi ini.

Mumpung masih bulan Ramadhan, bagi yang ingin memperbanyak pahala bisa langsung coba unduh MyQuran Al Quran Indonesia Lite di Google Play.

MyQuran Al Quran Indonesia Lite: Google Play (free)




Berlangganan Informasi CodePolitan Melalui Email

Jangan sampai kamu melewatkan informasi penting tentang pemrograman dan teknologi! Kamu bisa berlangganan Newsletter CodePolitan dengan cara mengisi formulir di samping.