BONUS Kalender 2020 Unyu! Setiap Transaksi di CODEPOLITAN Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Peringkat Indonesia di Data Mining Cup 2014

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 21 Jul 2014 dalam kategori News
Peringkat Indonesia di Data Mining Cup 2014 - CodePolitan.com

Data Mining adalah sebuah teknik dimana kita dapat memperoleh pengetahuan dari sebuah data history di sebuah instansi, layanan publik seperti sosial media, blog, dan berita, kumpulan jurnal, kumpulan buku, rekam medis, dan lainnya. Hingga saat ini perkembangan data mining sudah merambah ke dalam data berupa gambar, tidak hanya teks saja.

Di 2014 ini, ada sebuah ajang data mining yang bertajuk Data Mining Cup (DMC) 2014 yang diselenggarakan di Jerman. Tentunya peserta yang mengikuti DMC 2014 ini diikuti oleh Perguruan Tinggi dari seluruh dunia. Dalam ajang ini, Perguruan Tinggi mengirimkan wakilnya dalam beberapa tim. Tim yang mengikuti DMC 2014 ini ada 54 tim yang berhasil lolos kualifikasi dari seluruh dunia.

Tim yang mengikuti DMC 2014 ini diberikan sebuah topik yang berjudul "Forecasting Returns". Topik ini menggambarkakn bagaimana sebuah Online Retailer menerima kembali barang dari pelanggannya. Tentunya dengan mengetahui tingkat pengembalian barang yang rendah, akan semakin menunjukkan bahwa Online Retailer tersebut memiliki kualitas layanan dan produk yang baik. Di dalam tantangan ini, data pembelian yang sudah tersimpan di waktu lampau harus dikonversi menjadi sebuah keputusan apakah barang akan dikembalikan atau tidak oleh konsumen. Data yang harus dianalisis di lomba ini merupakan data riwayat pembelian yang sudah berumur satu tahun.

[caption id="attachment_1213" align="aligncenter" width="350"]Ketentuan dan syarat dari Data Mining Cup 2014 Ketentuan dan syarat dari Data Mining Cup 2014[/caption]

Tim akan diberikan dua buah file yaitu file yang berisi data history dan task. Kemudian pada tanggal 14 Mei 2014, tugas yang dikirimkan kepada juri dari tim akan dihitung berdasarkan poin yang dihitung oleh juri. Posisi tiga teratas dunia ini ditempati oleh:

  • juara pertama ditempati oleh Tim 1 dari Iowa State University dengan poin sebesar 14.165 (mendapat hadiah 2000 Euro)
  • juara kedua ditempati oleh Tim 1 dari Karlsuher Institute of Technology dengan poin sebesar 14.446 (mendapat hadiah 1000 Euro)
  • juara ketiga ditempati oleh Tim 2 dari Karlsuher Institute of Technology dengan poin sebesar 14.714 (mendapat hadiah 500 Euro)

[caption id="attachment_1210" align="aligncenter" width="350"]Tim 1 Iowa State University mendapat posisi pertama di Data Mining Cup 2014 (sumber: http://www.data-mining-cup.de/en) Tim 1 Iowa State University mendapat posisi pertama di Data Mining Cup 2014 (sumber: http://www.data-mining-cup.de/en)[/caption]

[caption id="attachment_1211" align="aligncenter" width="350"]Tim 1 Karlsuher University mendapat posisi kedua di Data Mining Cup 2014 (sumber: http://www.data-mining-cup.de/en) Tim 1 Karlsuher Institue of Technology mendapat posisi kedua di Data Mining Cup 2014 (sumber: http://www.data-mining-cup.de/en)[/caption]

[caption id="attachment_1212" align="aligncenter" width="350"]Tim 2 Karlsuher University mendapat posisi kedua di Data Mining Cup 2014 (sumber: http://www.data-mining-cup.de/en) Tim 2 Karlsuher Institute of Technology mendapat posisi kedua di Data Mining Cup 2014 (sumber: http://www.data-mining-cup.de/en)[/caption]

Poin peringkat apabila semakin kecil berarti menempati posisi yang lebih atas. Indonesia sendiri menempati posisi yang cukup beragam diantara Perguruan Tinggi lainnya. Indonesia memperoleh peringkat di:

  • posisi ke - 13 ditempati oleh Tim 2 dari Institut Teknologi Bandung dengan poin 16.709
  • posisi ke - 14 ditempati oleh Tim 1 dari Institut Teknologi Bandung dengan poin 16.158
  • posisi ke - 18 ditempati oleh Tim 1 dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan poin 17.432
  • posisi ke - 27 ditempati oleh Tim 1 dari Universitas Gadjah Mada dengan poin 19.092
  • posisi ke - 43 ditempati oleh Tim 2 dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan poin 22.637

[caption id="attachment_1209" align="aligncenter" width="196"]Posisi Perguruan Tinggi di Data Mining Cup 2014 Posisi Perguruan Tinggi di Data Mining Cup 2014[/caption]

Raihan tersebut sangat membanggakan karena Indonesia sendiri sudah berjuang untuk meraih posisi yang cukup tinggi. Tentunya kita patut mengapresiasi keterlibatan beberapa Perguruan Tinggi yang mengikuti DMC 2014 ini. Dan partisipasi dari Perguruan Tinggi lainnya di Indonesia sangat ditunggu sekali agar dapat memperoleh posisi puncak di DMC berikutnya. Selamat dan sukses bagi tim dari Indonesia yang sudah berjuang di DMC 2014.

(rfs/data-mining-cup.de)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP