Promo Lebaran, Kelas Online CODEPOLITAN Cukup Bayar Setengah Harga KLAIM PROMO
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Pamungkas Sumasta: Pencipta Inersia Mobile Phone - Phoenard

Ditulis oleh Ridwan Fajar, dipublikasi pada 26 Jun 2014 dalam kategori Tokoh
Pamungkas Sumasta: Pencipta Inersia Mobile Phone - Phoenard - CodePolitan.com

Phoenard, sebuah karya yang diciptakan oleh Pamungkas P. Sumasta. Seorang ahli mikrokontroler dari Indonesia. Phoenard adalah sebuah mobile phone yang berbasis AVR-Arduino yang dikendalikan menggunakan Inersia seperti memutar handphone tersebut atau membaliknya. Phoenard mendapatkan grand prize winner di AVR Hero Design Contest, pada tanggal 26 Februari 2014. Tentu saja kabar tersebut membuat Pamungkas sangat senang.

[caption id="attachment_943" align="aligncenter" width="350"]Pamungkas memenangkan Grand Prize Winner di AVR Hero Contest (sumber: http://atmelcorporation.wordpress.com) Pamungkas memenangkan Grand Prize Winner di AVR Hero Contest (sumber: http://atmelcorporation.wordpress.com)[/caption]

Dalam pengembangan Phoenard, Pamungkas memilih Atmels 8-bit AVR MCU karena mempunyai kemampuan yang handal ketika digabungkan dengan Arduino. Kemudian Phoenard ini dirancang agar mudah dipelajari sehingga tidak hanya software saja yang mudah untuk diulik, hardware di dalamnya pun mudah dipelajari untuk meningkatkan pengetahuan tentang mobile phone. Selain digunakan untuk pembelajaran, Phoenard ini dapat digunakan untuk komunikasi sehari - hari.Selain itu di sebuah acara yang bernama Atmel Maker Faire 2014 di Bay Area, Pamungkas memperlihatkan fitur lain dari Phoenard seperti memantau detak jantung, digunakan sebagai pedometer, mengontrol robot, pendeteksi ketinggian, pengendali lampu lewat bluetooth dan fitur lainnya. Berikut adalah video demo dari Phoenard: (http://www.youtube.com/watch?v=7kP9vIsUzU4)

[caption id="attachment_944" align="aligncenter" width="350"]Pamungkas bersama Phoenardnya (sumber: http://www.atmel.com) Pamungkas bersama Phoenardnya (sumber: http://www.atmel.com)[/caption]

Saat ini berdasarkan informasi di Twitter milinya, @Sumastavr, Pamungkas tinggal di Assen, Belanda. Anda pun dapat memperoleh informasi terbaru tentang Phoenard melalui kanal milik Pamungkas di YouTube (http://www.youtube.com/channel/UCB778QEpMIRinmJqGBoRVDw) atau mengikutinya di Facebook (https://www.facebook.com/pages/Phoenard/240234436156917).

(rfs/atmelcorporation/atmel)


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP