Promo Member Baru 40%! Program Full Stack Membership! Hanya 3 Hari! Klaim Promo
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Program Beasiswa Ilmu Komputer CS Leaders, Untuk Tonggak Masa Depan Bangsa

Ditulis oleh Kresna Galuh D. Herlangga, dipublikasi pada 15 Feb 2016 dalam kategori Info
Program Beasiswa Ilmu Komputer CS Leaders, Untuk Tonggak Masa Depan Bangsa - CodePolitan.com

Ilmu komputer merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang teknologi komputer dan sistem komputasi. Ilmu komputer secara terus menerus mempelajari dan membandingkan berbagai algoritma, teori, desain, dan konsep untuk mencari solusi yang tepat dan efisien untuk suatu permasalahan di kehidupan nyata. Bidang keilmuan ini juga termasuk dalam STEM (Science, Technology, Engineering or Math), yang merupakan salah satu bidang profesi yang paling cepat pertumbuhannya dan paling dicari saat ini.

Di era teknologi yang terus berkembang pesat ini, Indonesia membutuhkan banyak ahli ilmu komputer tidak hanya untuk menjadi pendorong kemajuan negara , tapi juga karena ilmu komputer dan teknologi merupakan salah satu dari 14 sub-sektor yang menjadi fokus pemerintah dalam mengembangkan ekonomi Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari satu dekade ini dimana teknologi merubah pola perilaku orang banyak di seluruh dunia. Hal ini bisa dilihat dari hadirnya Facebook, Uber, Alibaba, hingga fenomena ojek online seperti Go-Jek.

Hal ini pula yang mendorong Yayasan Nithya Bhaskara Widya untuk menggagas program beasiswa Computer Science Leaders (CS Leaders), yang dibuat untuk menyediakan kesempatan bagi para lulusan SMA yang ingin mengambil jurusan Ilmu Komputer untuk mendapatkan beasiswa dan membantu pembelajaran mereka di bidang Ilmu Komputer. Disponsori oleh Tokopedia, PT. Elang Mahkota Teknologi (EMTEK Group), Astel Group, Monk’s Hill Ventures, dan Eduardo Saverin, program beasiswa CS Leaders memberikan uang biaya kuliah, biaya hidup, biaya riset tugas akhir, dan dukungan lainnya seperti buku dan kesempatan magang juga belajar di luar negeri.

Pada tanggal 13 Februari 2016, Yayasan Nithya Bhaskara Widya mengadakan CS Leaders Welcoming Ceremony untuk menyambut dan memperkenalkan 15 penerima beasiswa CS Leaders yang merupakan mahasiswa di Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Di acara ini khalayak berkesempatan untuk mengenal para penerima beasiswa lebih lanjut dengan berinteraksi langsung dengan mereka.

[caption id="attachment_7747" align="aligncenter" width="800"]Pembukaan Acara Pembukaan Acara[/caption]

Pada acara Welcoming Ceremony ini juga diadakan panel diskusi yang bertopik “Technology As Catalyst For Indonesia’s Socio-Economic Advancement” dengan pembicara Ainun Najib (Founder dari kawalpemilu.com), Lis Sutjiati (Staff Khusus Kementerian Komunikasi dan Informatika), Ryan Gondokusumo (Founder dari sribu.com, sribulancer.com, dan Halo Diana). Panel ini membahas bagaimana teknologi memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan ekonomi dan masyarakat Indonesia, serta ekosistem technopreneurship di Indonesia.

[caption id="attachment_7746" align="aligncenter" width="800"]Diskusi panel Diskusi panel[/caption]

Dengan diadakannya program beasiswa CS Leaders dan CS Leaders Welcoming Ceremony ini, tim CS Leaders dari Yayasan Nithya Bhaskara Widya berharap untuk meningkatkan kesadaran publik akan pentingnya pendidikan Ilmu Komputer terutama karena perkembangan teknologi yang sangat pesat memiliki dampak yang besar bagi kehidupan masyarakat.

[caption id="attachment_7745" align="aligncenter" width="800"]15 orang penerima beasiswa 15 orang penerima beasiswa[/caption]

Sumber:


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP