Rangkuman Materi Devcussion 1.0, Dua Kunci Utama Menjadi Programmer Hebat

Yogyakarta, 24 Februari 2018 telah diselenggarakan event bertajuk Devcussion 1.0. Yaitu sebuah event sharing ilmu dan issue terhangat terkait development yang diperuntukan bagi para developer. Acara Devcussion 1.0 ini terselenggara atas inisiasi Niagahoster yaitu sebuah perusahaan penyedia layanan hosting dan didukung oleh komunitas PHP Indonesia.

Dalam acara yang diselenggarakan di Loop Station Yogyakarta ini, Devcussion 1.0 mengangkat tema "2 Keys to Becoming A Great Developer". Tema ini diambil karena banyak developer yang salah memahami pondasi karir sebagai seorang developer yang akhirnya hanya berfokus pada skill teknis saja namun mengabaikan skill non-teknis. Oleh karena itu, dalam acara perdana yang diselenggarakan oleh Niagahoster, Devcussion 1.0 ingin memberikan insight yang sangat esensial bagi para developer dalam membangun karir sebagai developer profesional. Ya, karena seperti profesi lainnya, kita pun harus merencanakan karir kita sebagai seorang developer.

Meskipun acara Devcussion 1.0 ini merupakan acara perdana yang dilakukan oleh Niagahoster, namun menurut kami acara ini cukup sukses dan memberikan impact yang cukup positif bagi ekosistem developer, khususnya di Jogja. Dengan persiapan yang sangat singkat, hanya 2 minggu saja Devcussion 1.0 dapat menarik antusiasme para peserta, terbukti dengan banyaknya peserta yang mendaftar di acara ini (lebih dari 200 orang) dan banyaknya pertanyaan yang masuk untuk sesi AMA (Ask Me Anything).

Suksesnya acara Devcussion 1.0 tentu saja tidak lepas dari nama baik yang telah dibangun oleh Niagahoster selama ini di kalangan developer. Niagahoster dalam beberapa tahun terakhir ini memang sangat aktif dalam mensupport program-program yang berhubungan dengan developer baik itu dengan cara menjadi sponsor, atau juga memberikan insight kepada developer dengan memberikan tutorial melalui ebook maupun blog. Tentu saja dengan hadirnya Om Peter Jack Kambey sebagai pembicara dalam Devcussion 1.0 juga memberikan daya tarik tersendiri. Pengalaman Peter Jack Kambey yang telah bertahun-tahun menjadi seorang developer dan Human Resource serta kontribusinya sebagai ketua umum komunitas PHP Indonesia yang menaungi 150.000 member komunitas di 34 cabang daerah seluruh Indonesia, tentu saja sangat menarik untuk disimak.

Buat kamu yang penasaran dengan sosok Om Peter (begitu publik mengenalnya), kamu bisa membaca kisah dan pengalaman lengkapnya dalam meniti karir sebagai developer profesional di sini: Peter Jack Kambey, Sang Pejuang Komunitas PHP Indonesia.

Acara Devcussion 1.0 ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sebagai berikut:

AMA (Ask Me Anything)

Devcussion 1.0 dibuka dengan sesi Ask Me Anything atau AMA. Sebelumnya, peserta telah diberi kesempatan untuk mengirimkan pertanyaan melalui form pendaftaran. Dari semua pertanyaan yang masuk, akan dipilih beberapa pertanyaan terbaik dan yang paling menarik untuk dibahas pada sesi Ask Me Anything ini. Selama kurang lebih 45 menit, pemateri menjawab berbagai pertanyaan yang masuk dalam sesi ini. Adanya sesi AMA (Ask Me Anything) ini adalah sebagai pemanasan dengan topik-topik sederhana sebelum memasuki pembahasan inti yaitu pada sesi Dive Deep setelahnya.

Sayangnya memang dalam waktu yang terbatas, sesi AMA (Ask Me Anything) ini tidak dapat menjawab semua pertanyaan yang masuk. Padahal banyak sekali pertanyaan masuk yang cukup menarik untuk dibahas. Mungkin saja Niagahoster akan membuat acara khusus tentang ini nantinya. Ya siapa tahu :)

Dive Deep

Setelah sesi AMA adalah sesi Dive Deep. Sesi Dive Deep merupakan sesi utama dalam Devcussion 1.0. Dalam sesi ini pembicara (Peter Jack Kambey) menyampaikan materinya yang bertema "2 Keys to Becoming A Great Developer" selama kurang lebih 2 jam 45 menit.

Memulai materinya, Peter Jack Kambey menyampaikan bahwa apa yang disampaikannya dalam sesi Dive Deep ini merupakan hasil dari pengalaman dan belajarnya selama kurang lebih 23 tahun sebagai seorang developer dan aktif di berbagai komunitas developer. Om Peter juga menjelaskan bahwa pengalamannya mungkin saja berbeda dengan pengalaman orang lain, namun intisari yang akan disampaikan bisa jadi bermanfaat bagi siapa saja.

Peter Jack Kambey menjelaskan bahwa paling tidak ada 5 masalah umum yang selalu dihadapi oleh seorang developer. Adapun 5 masalah umum tersebut antara lain: Skill Requirements, Planning / Estimation, Change Requirements, Testing dan Collaboration.

Dalam penyampaian materinya Peter Jack Kambey menjelaskan bahwa ada 2 kunci utama untuk menjadi programmer yang hebat. Tidak ada cara yang lain. 2 kunci tersebut adalah menguasai skill teknis dan menguasai skill non-teknis. Om Peter menjelaskan bahwa banyak sekali programmer atau developer yang hanya berfokus pada skill teknis saja dan mengabaikan skill non-teknis. Padahal keduanya tidak bisa dipisahkan. Skill non-teknis sama pentingnya dengan skill teknis, dan inilah yang banyak developer salah paham. Mereka hanya fokus untuk jago menguasi teknologi tertentu tapi lupa bahwa komunikasi juga penting, bagaimana cara berkolaborasi juga penting, cara menyampaikan pendapat yang baik juga penting. Banyak programmer hanya jago coding saja, tapi bagaimana cara meyakinkan orang lain atas skill codingnya masih kesulitan.

Di pembahasan selanjutnya, Peter Jack Kambey menjelaskan pentingnya personal branding bagi seorang developer. Dia menambahkan bahwa ada 6 cara yang bisa dilakukan oleh seorang developer untuk meningkatkan personal brandingnya. Caranya adalah dengan menolong orang lain, membangun jaringan, menulis, berbagi pengetahuan, berbicara didepan umum dan bernegosiasi yang akhirnya dari cara tersebut bisa meningkatkan kompetensi diri. Cara tercepatnya adalah dengan bergabung dengan komunitas karena hal yang di atas bisa dilakukan semuanya dalam sebuah komunitas pemrograman.

Sebagai seoarang developer kita juga harus merencanakan karir kita, paling tidak ada 3 pilihan jalur yang bisa kita tekuni di tahun 2018 sebagai web developer. Yaitu Front-End Developer, Back-End Developer dan DevOps. Tentu saja ketiganya memerlukan skill teknis dan path yang berbeda-beda. Berikut ini merupakan ilustrasi jalur-jalur yang bisa dipilih sebagai web developer. Detail lengkap jalur-jalur path dan skill teknis apa saja yang perlu dikuasi untuk mencapainya bisa kamu lihat di: https://github.com/kamranahmedse/developer-roadmap.

Terakhir, sebagai penutup Peter Jack Kambey menjelaskan bahwa sebagai seorang developer kita harus senantiasa berorientasi pada solusi. Jangan berorientasi pada teknologi. Fokuslah pada solusi, biarlah teknologi menyesuaikan. Jangan memaksakan sebuah teknologi pada solusi tertentu. Jadikan teknologi hanya sebuah alat. Apapun alatnya, yang penting adalah bagaimana alat tersebut dapat menghadirkan solusi dari masalah yang ada. Jangan fanatik terhadap sebuah teknologi tertentu.

Menarik bukan? Nah buat kamu yang masih penasaran dengan apa yang disampaikan oleh Peter Jack Kambey dalam sesi Dive Deep di acara Devcussion 1.0, berikut CodePolitan lampirkan slide presentasi yang digunakan oleh beliau saat menyampaikan materinya, semoga bermanfaat:

Niagahoster Introduction

Sesi selanjutnya adalah sesi pengenalan Niagahoster. Pada sesi ini disampaikan langsung oleh CEO Niagahoster yaitu Ade Syah Lubis. Buat kamu yang ingin tahu lebih detail tentang Niagahoster kamu bisa mengunjunginya langsung melalui web resminya di niagahoster.co.id.

Pada sesi ini juga Ade menyampaikan rasa terima kasihnya atas antusiasme dan partisipasi para peserta yang hadir pada Devcussion 1.0 ini. Ade juga berharap semoga kedepannya Niagahoster bisa melanjutkan program ini sehingga akan ada Devcussion 2.0, Devcussion 3.0 dan seterusnya.

Hot Quiz

Sesi terakhir adalah sesi Quiz. Pada sesi ini MC memberikan beberapa pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh pemateri dan layanan Niagahoster. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan MC dengan tepat akan mendapatkan hadiah merchandise dari Niagahoster.


Itu tadi merupakan rangkuman kegiatan Devcussion 1.0 yang telah diselenggarakan oleh Niagahoster. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, menurut kami acara seperti ini sangat bagus untuk membangun ekosistem developer. Semoga kegiatan seperti ini semakin banyak ke depannya, dan tentunya mudah-mudah semakin meluas ke kota-kota lainnya. Dan juga semoga Niagahoster tidak lelah untuk terus berkontribusi dan mensupport program-program untuk developer.

Oh ya, kalau menurut kamu kegiatan-kegiatan seperti ini keren, komen dong di kolom komentar, kira-kira bagusnya diadakan dimana lagi ke depannya? :D

Terakhir, berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan Devcussion 1.0. Dan mari kita tunggu Devcussion 2.0.

Dilihat kali

Is this helpful?

Share This Post