waktu tersisa untuk klaim Potongan harga Rp 300.000 dalam program Membership. Klaim Promo!
Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Realm Database versi 2.0.0 telah Dirilis dengan Fitur Sinkronisasi Online

Ditulis oleh Rian Yulianto W, dipublikasi pada 27 Sep 2016 dalam kategori Rilis
Realm Database versi 2.0.0 telah Dirilis dengan Fitur Sinkronisasi Online - CodePolitan.com

Realm adalah sebuah library database untuk perangkat mobile smartphone yang menggunakan konsep tanpa skema (schemaless) atau yang biasa disebut dengan konsep NoSQL. Realm biasanya banyak digunakan untuk penyimpanan database sementara pada platform Android ataupun iOS , dan karena kemudahan serta performa baca dan tulis yang memang lebih baik dari database mobile lainnya. Namun kelemahan dari Realm ini adalah hanya bisa digunakan untuk penyimpanan data secara offline, atau pada sisi klien aplikasi mobile saja. Dan belum dapat disinkronisasikan ke server secara otomatis layaknya produk Firebase Realtime Database.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Realm pun merilis fitur sinkronisasi online dan offline pada databasenya, yang ditandai dengan dirilisnya versi 2.0.0 ini, dan mereka menyebutnya Realm Mobile Platform.

Realm Mobile Platform memberikan layanan berupa sinkronisasi otomatis antara database Realm yang ada di aplikasi mobile dengan database Realm yang ada di server. Perubahan isi database yang terjadi di sisi aplikasi ataupun di sisi server, akan tersinkronisasi dengan aplikasi mobile yang dipakai pengguna. Misalnya, pengguna menambahkan catatan pada aplikasi catatan harian, dan ketika tersambung dengan internet, maka aplikasi tersebut akan melakukan sinkronisasi dengan server untuk data catatan hariannya. Sehingga ketika pengguna tersebut berpindah perangkat smartphone dan memakai aplikasi catatan harian tersebut, isi dari catatan harian tersebut masih ada. Skema alur kerja-nya dapat dilihat di bawah ini.

screen_shot_2016-09-26_at_8.56.48_pm

Database Realm yang terpasang pada sisi server, dinamakan Realm Object Server. Disini terdapat berbagai macam proses untuk sinkronisasi, pengawas perubahan isi database, sistem autentikasi, sistem akses, sistem penyimpanan objek data, dst. Proses sinkronisasi antara Realm Object Server dengan Realm Mobile Database menggunakan koneksi aman AES 256 dan juga TLS/SSL. Sehingga keamanan data ketika proses transfer dari Realm Mobile ke Realm Object Server dapat dilakukan dengan aman.

screen shot 2016-09-28 at 7.21.32 am

Instalasi Realm Object Server Sistem Realm Object Server dapat dipasang pada server yang berbasiskan Linux, yaitu Ubuntu Server 16.04, Red Hat Enterprise Linux, Centos 7 atau Centos 6, MacOS Server, dan platform Amazon Web Service yang menggunakan Ubuntu Server 16.04 .

screen shot 2016-09-28 at 7.39.43 am screen shot 2016-09-28 at 7.35.47 am screen shot 2016-09-28 at 7.36.03 am_1

Proses pemasangan Realm Object Server ini dapat kalian lihat secara lengkap dan jelas pada tautan berikut ini. https://realm.io/docs/realm-mobile-platform/install-realm-object-server/ Dimana pada tautan berikut dijelaskan pemasangan pada server dan juga pemasangan fitur dashboard untuk memantau kinerja dari Realm Object Server.

Harga Layanan Layanan dari Realm Object Server ini adalah gratis. Karena kalian cukup mengunduh source code atau package nya, dan kemudian dipasang sendiri ke server milik kalian. Selain itu tersedia juga versi enterprise yang berbayar, dimana versi ini akan mendapat fitur-fitur untuk enterprise dan layanan support dari Realm. Detail komparasi dan perbandingan dari edisi Realm Mobile Platform ini dapat dilihat di : https://realm.io/pricing/

screen shot 2016-09-28 at 7.47.55 am

Sampel kode dan Dokumentasi Realm sendiri sudah menyediakan bagaimana mengintegrasikan Realm Db pada aplikasi mobile dan juga mengaktifkan sinkronisasinya dengan Realm Server. Dokumentasinya dapat kalian lihat disini : https://realm.io/docs

Disana disediakan sampel dan dokumentasi untuk pemasangan aplikasi mobile, server, dan juga beberapa tips dari Realm dalam melakukan integrasi library dan layanannya.

Sumber selengkapnya : https://realm.io/ https://realm.io/news/introducing-realm-mobile-platform/


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP