Remote Raspberry Pi (SSH & VNC) Tanpa IP Publik Menggunakan Weaved

Untuk remote PC jarak jauh biasanya kita menggunakan SSH client dan VNC viewer. Namun untuk menggunakannya kita harus terhubung dalam jaringan yang sama secara lokal (LAN) atau jika ingin mengakses secara WAN diperlukan IP Publik untuk komputer yang akan diremote yang tentu saja tidak semua orang mempunyai koneksi IP Publik, kalaupun punya biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan IP Publik cukup mahal. Ada solusi murah yang dapat digunakan untuk remote jarak jauh melalui WAN dengan memanfaatkan aplikasi yang bernama weaved. Dalam hal ini diberikan contoh mengendalikan Raspberry Pi sebagai PC yang akan diremote dengan SSH dan VNC menggunakan Weaved.

Diasumsikan SSH Server dan VNC server telah diinstal di Raspberry Pi. Sebelum menginstal Weaved harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu di website Weaved disini.  Setelah pendaftaran akun berhasil ikuti instruksi sebagai berikut.

1. (Instalasi Weaved ) Dari terminal window Raspberry ketik perintah berikut :

sudo apt-get update
sudo apt-get install weavedconnectd

2. Jalankan Weaved Service Installer dengan mengetikkan perintah berikut :

sudo weavedinstaller

Pada langkah ini Anda akan dimintai username dan password akun weaved yang telah dibuat sebelumnya.

3. (Memilih Connection Service)

Setelah berhasil login berikutnya tampil Main Menu yang berisi pilihan. Pilih 1 kemudian enter untuk menambahkan Weaved TCP service pada Raspberry Pi.

4. (Memilih Protokol yang Akan Digunakan)

Berikutnya muncul pilihan kembali untuk memilih protokol yang akan digunakan. Pilih 1 kemudian enter untuk menggunakan protokol SSH. Secara default SSH akan menggunakan port 22. Pilih Y (YES) pada langkah selanjutnya.

5. (Memberi Nama Service)

Berikutnya adalah memberikan nama untuk service weaved yang kita buat tadi, misalnya Raspberry-Pi-SSH , kemudian tekan enter. Terlihat tabel yang berisi service yang kita namai tadi. Jika ingin menambahkan service (misalnya menambahkan service VNC) pilih 1 (Attach/Reinstall Weaved to a Service) maka weaved akan memandu untuk mengikuti langkah seperti pada langkah 4. Pilih VNC yang secara default akan menggunakan port 5901.

Sampai langkah ini Kita telah berhasil membuat service SSH dan VNC menggunakan Weaved. Untuk keluar dari menu setting Weaved pilih 3 kemudian enter.

Catatan : VNC server harus dalam keadaan terinstall dan sudah jalan. 

6. Akses Raspberry Pi dari SSH Client dan VNC Viewer

Untuk alamat IP dan port nya kita dapat lihat dengan cara login di http://weaved.com . Untuk diketahui akun yang kita buat tadi adalah versi gratis sehingga memiliki batasan waktu koneksi per session adalah 30 menit. Setelah 30 menit dapat direfresh kembali maka weaved akan memberikan alamat dan port baru.

Dilihat 2739 kali

Is this helpful?

Share This Post