Lebih terarah belajar coding melalui Kelas Online dan Interactive Coding Lihat Materi Belajar

Rilis Baru Gnome 3.34: Thessaloniki

Ditulis oleh sheli indriani, dipublikasi pada 17 Sep 2019 dalam kategori Info
Rilis Baru Gnome 3.34: Thessaloniki - CodePolitan.com

Gnome merupakan salah satu Desktop Environment (DE) paling populer di dunia Linux selain KDE, Cinnamon, XFCE, Mate, dan kawan-kawan. Belum lama ini, Gnome baru saja merilis versi baru dengan nama kode Thessaloniki.

Gnome 3.34 adalah versi terbaru dari Gnome 3 dan merupakan hasil kerja keras selama 6 bulan oleh komunitas Gnome di bawah payung The Gnome Project. "Thessaloniki" adalah nama kota penyelenggara acara GUADEC (GNOME Users And Developers European Conference) 2019 dan ini merupakan rilis major yang menambahkan banyak fitur dan peningkatan baru. Secara keseluruhan, rilis Gnome kali ini membuat 23.929 perubahan, yang dikerjakan oleh 777 kontributor.

Berikut ini juga ada beberapa fitur dari Gnome 3.34 yaitu :

  1. Create App Folder

    Video diatas memperlihatkan bagaimana cara membuat folder pada Gnome 3.34. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengikuti langkah pada video tersebut.

  2. Background

    Anda dapat mengatur gambar sebagai latar belakang layar kunci, dekstop atau keduanya dengan menggunakan menu pop-over yang baru saja di release pada Gnome versi 3.34 ini. Anda juga tidak lagi memiliki keterbatasan untuk memilih wallpaper dari file .jpeg yang berada ~/pictures. Cukup dengan klik tombol 'Tambah Gambar' untuk memilih file gambar yang kompatible dari mana saja di sistem file Anda.

  3. Tab Pinning di Epiphany

    Pada pembaruan Gnome 3.34 Epiphany (browser bawaan Gnome) memperkenalkan beberapa fitur yang sangat dibutuhkan, seperti tab pinning.

  4. Peningkatan Performa

    Selama enam bulan terakhir, banyak pengembangan yang menitikberatkan pada peningkatan performa. Hasilnya desktop menjadi lebih responsif.

  5. Pengaturan yang Lebih Lengkap

    Pada pengaturan sistem atau Gnome Control Center menampilkan sejumlah perbaikan hingga keseluruhan yang lebih memudahkan, dan juga tentu dapat digunakan. Misalnya, Night Light yang sekarang menjadi tab terpisah di panel Display yang akan membantu membuat fitur penyaringan cahaya biru lebih mudah ditemukan dan dikendalikan.

    Wi-Fi mungkin merupakan sebuah panel pengaturan yang paling bayak dikunjungi, yang memanfaatkan jarak yang lebih baik dan saat ini telah menunjukkan ikon indikator dengan memanfaatkan koneksi jaringan.

    Terakhir, Anda juga dapat memesan ulang penyedia pencarian Shell Gnome pada Pengaturan Daftar pencarian menggunakan drag and drop. Memang ini bukan perubahan besar-besaran, tapi ini disambut baik.

  6. Gambar Ikon Baru

    Beberapa aplikasi inti Gnome kini mendapatkan gambar ikon baru diantaranya.

  7. Rhytmbox

    Rhythmbox adalah pemutar musik yang digunakan untuk dekstop Gnome. Media player yang ini mendapatkan sejumlah perbaikan untuk rilis 3.34-nya, termasuk dalam kemampuan untuk mendengarkan file baru dan memperbarui secara otomatis.

  8. Games Save State

    GNOME Games merupakan koleksi game-game klasik yang langsung ada di desktop Gnome. Di rilis ini, ia memberikan fitur baru yaitu save state. Dengan fitur ini berarti kita dapat memainkan game dan menyimpan sebanyak mungkin "snapshots" yang diinginkan. Snapshot ini dapat dimuat sehingga saat kalah, kita bisa kembali lagi ke keadaan di snapshot tertentu.

  9. Sysprof Tool

    Perubahan ini lebih ditujukan bagi developer. System Profile (sysprof) adalah tol untuk melakukan profiling suatu aplikasi, khususnya aplikasi yang dikembangkan untuk Gnome.

  10. Boxes yang Lebih Baik

    Boxes adalah aplikasi virtual machine mirip seperti VirtualBox. Ada beberapa perbaikan di versi 3.34, misalnya alur "New Box Assistant" telah diperbaiki sehingga saat membuat virtual machine baru menjadi lebih intuitif. Akselerasi 3D sekarang merupakan pengaturan opsional. Sementara itu, "Windows Express Install" sekarang menggunakan gambar ISO/CD.

Dirangkum dari berbagai sumber :

gnome.org

mitha.app

news.softpedia


background

Gabung CodePolitan Membership

Ingin belajar coding secara online dengan lebih terarah? Gabung sekarang dalam program Premium Membership di CodePolitan. Dapatkan ratusan modul belajar pemrograman premium dalam beragam format dengan materi silabus lengkap dan tersusun rapi dari awal hingga mahir.

LIHAT MATERI BELAJAR GABUNG MEMBERSHIP